Ronaldo Borong Dua Gol, Portugal Lolos ke Putaran Final Euro 2024
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Slovakia di pertandingan kualifikasi Euro 2024. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Portugal tak terbendung di kualifikasi Euro 2024. Pada laga ketujuh Grup J di Stadion do Dragao, Sabtu, 14 Oktober dini hari WIB, Portugal menang 3-2 atas Slovakia. Kapten Cristiano Ronaldo memborong dua gol yang membawa Portugal lolos ke Jerman.

Portugal meraih poin sempurna di pertandingan kualifikasi. Dari tujuh pertandingan, Portugal selalu memetik kemenangan sehingga mendapatkan 21 poin dan finis sebagai juara grup.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, poin Portugal memang sudah tidak bisa dikejar para pesaingnya. Temasuk Slovakia yang menduduki peringkat dua hanya memiliki 13 poin.

Slovakia sendiri belum bisa memastikan meraih tiket kedua ke putaran final. Pasalnya, Slovakia hanya unggul dua poin dari Luksemburg yang berada di posisi tiga.

Nasib kedua tim akan ditentukan di laga terakhir saat Luksemburg menjamu Slovakia. Di laga pamungkas itu, Slovakia hanya butuh hasil imbang untu mendampingi Portugal.

Pertandingan melawan Portugal memang tak mudah bagi Slovakia. Pasalnya, mereka menghadapi tim unggulan yang bermain di kandang sendiri.

Bahkan di laga itu,  tuan rumah menguasai permainan. Mereka juga melakukan start gemilang dan striker Goncalo Ramos membawa tim unggul di menit 18.

Gol bermula dari umpan silang gelandang Manchester United Bruno Fernandes yang disambut dengan sundulan Ramos untuk menaklukkan kiper Martin Dubravka.

Unggul 1-0 menjadikan Portugal bermain lebh agresif. Hasilnya, mereka memperbesar keunggulan lewat penalti Ronaldo di menit 29.

Penalti diberikan setelah bek Slovakia Denis Vavro menyentuh bola di kotak terlarang. Wasit meninjau insiden itu lewat VAR sebelum menunjuk titik putih.

Ronaldo menuntaskan eksekusi sekaligus mencetak gol ke-124 bagi timnas. Portugal pun unggul 2-0 saat mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, Slovakia mencoba bangkit. Hasilnya, David Hancko sukses membobol gawang Portugal di menit 69.

Gol berawal dari tendangan Hancko yang kemudian berubah arah setelah mengenai tumit Antonio Silva. Gol itu menjadikan Portugal untuk kali pertama kebobolan di pertandingan kualifikasi.

Namun Ronaldo menjadikan Portugal memperlebar keunggulan di menit 72. Bintang Al Nassr ini menyambut umpan silang dari Fernandes yang menjadikan dirinya mengoleksi gol ke-125. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Slovakia masih bisa menambah gol untuk memperkecil kekalahan. Kali ini, Stanislav Lobotka yang membobol gawang tuan rumah di menit 80. Skor akhir 3-2 untuk Portugal.