Bagikan:

 YOGYAKARTA – Usaha untuk mengecilkan paha dan betis bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, olahraga dan diet tidak menjamin bisa mengurangi lemak di paha. Untungnya terdapat alat gym untuk mengecilkan paha, seperti treadmill, curved treadmill, elliptical machine, leg press machine, dan leg extension machine.

Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Alat Gym untuk Mengecilkan Paha

1. Treadmill

Rekomendasi alat gym untuk mengecilkan paha yang pertama adalah treadmill. Selain mengecilkan paha, alat gym yang satu ini juga dapat mengecilkan betis.

Treadmill memungkinkan Anda untuk berlari dengan intensitas sedang dan dalam waktu yang lama.

Agar proses mengecilkan paha berjalan efektif, Anda dapat meningkatkan intensitas latihan. Misalnya, tidak hanya berjalan santi di permukaan yang data, namun variasikan juga tanjakan dan/atau kecepatan Anda, sehingga proses pembakaran lemak lebih optimal.

2. Curved treadmill

Ini adalah alat gym yang cukup populer di pusat latihan kebugaran. Sabuk pada jenis treadmill ini mempunyai bentuk cekung tanpa monitor.

Latihan gym dengan curved treadmill bertujuan menciptakan gerakan dan langkah yang lebih alami, sehingga Anda bisa berlari dengan teknik kaki yang tepat.

Curved treadmill cocok untuk Anda yang mencari mesin low-impact untuk sendi.

Perbedaan mendasar antara treadmill biasa dengan curved treadmill adalah curved treadmill sepenuhnya mengandalkan tenaga Anda sendiri, seperti berlari di track jogging.

Saat latihan gym dengan curved treadmill, otot hamstring dang lutes akan lebih banyak dilibatkan. Selain itu, otot inti Anda juga akan terlibat agar tubuh tetap stabil.

3. Elliptical machines

Elliptical merupakan mesin latihan stasioner yang bisa dipakai untuk mensimulasikan memanjat tangga, berjalan, atau berlari tanpa menyebabkan tekanan berlebihan pada sendi. Alat ini bisa mengurangi risiko cedera akibat benturan.

Ketika Anda menggunakan alat ini, sebagian mesin akan menyala secara otomatis ketika Anda menginjak pedal. Jangan lupa, sesuaikan resistensi dan kemiringan dengan kenyamanan Anda. Semakin tinggi, semakin menantang latihannya, dan jumlah kalori yang terbakar akan semakin banyak.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengombinasikan latihan dengan mengayuh mesin ke belakang selama beberapa menit sekali.

4. Leg press machine

Rekomendasi alat gym untuk mengecilkan paha yang berikutnya adalah leg press. Alat gym yang satu ini menargetkan hampir semua otot kaki.

Cara mengguakan leg press machine, yakni:

  • Sesuaikan bobot dengan resistensi yang menantang, dan pastikan punggung rata ketika berada di atas mesin.
  • Genggam erat pegangannya dan letakkan kaki di atas platform. Posisi kaki yang sempit akan melatih paha depan lebih intens, sementara kaki yang lebih lebar akan melibatkan oto kaki bagian dalam.
  • Buang napas ketika menekan tumit untuk memperpanjang lutut, kemudian tarik napas sembari kembali ke posisi awal.
  • Selesaikan dalam 2-3 set dengan 8-12 kali pengulangan.

5. Leg extension machine

Rekomendasi alat gym untuk mengecilkan paha yang terakhir adalah leg extension. Alat gym ini menargetkan otot paha depan. Cara menggunakannya, yakni:

  • Menyesuaikan bobot dengan resistensi yang menantang, kemudian duduk di atas mesin.
  • Genggam erat pegangannya, kemudian letakkan kaki di bawah bantalan rol, dan luruskan punggung Anda.
  • Buang napas ketika menekan tulang kering ke bantalan untuk memperpanjang lutu, jeda di bagian atas gerakan, kemudian kembali ke posisi awal dengan hati-hati.
  • Selesaikan dalam 2-3 set dengan 8-12 pengulangan.

Demikian informasi tentang alat gym untuk mengecilkan paha. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.