Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia meraih kemenangan besar atas Brunei Darussalam di leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hasil tersebut juga membantu Indonesia naik peringkat di jajaran ranking FIFA.

Pertandingan melawan Brunei Darussalam itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Kamis, 12 Oktober. Skuad Garuda selaku tuan rumah sukses menang dengan skor telak 6-0.

Enam gol tersebut dicetak lewat hattrick Dimas Drajad di menit ke- 7, 72 dan 91, satu gol Rizky Ridho di menit ke-12 dan Brace Ramadhan Sananta di menit ke-63 dan 67.

Kemenangan di SUGBK membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 8.66 poin. Alhasil, tim besutan Shin Tae-yong kini telah mengumpulkan total 1061.53 poin dan berhak menggeser St Kitts and Nevis yang menempati peringkat 146.

Pada 21 September 2023 lalu, Timnas Indonesia masih berada di peringkat 147 dunia dengan mengumpulkan 1052.87 poin. Namun dengan kemenangan atas Brunei Darussalam posisi Skuad Garuda perlahan naik.

Peluang naik peringkat juga terbuka lebar, sebab setelah ini timnas masih punya agenda melawan Brunei di leg kedua yang berlangsung pada 17 Oktober mendatang.

Jika timnas berhasil menang di leg kedua, tim asuhan Shin Tae-yong bukan cuma berpeluang kesempatan untuk terus naik peringkat, tapi juga lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan tergabung di Grup F Bersama Vietnam, Filipina dan Irak.