Bagikan:

JAKARTA - Spanyol menuntaskan dendam dengan membalas kekalahan atas Skotlandia di ajang kualifikasi Euro 2024 di Stadion de La Cartuja, Jumat, 13 Oktober dini hari WIB. Di laga Grup A, Spanyol menang 2-0. Meski kalah, Skotlandia tetap berpeluang lolos ke putaran final.

Laga yang tak mudah bagi Spanyol saat menjamu Skotlandia. Pertarungan berjalan ketat karena Skotlandia menunjukkan tim yang pantng menyerah dan 'keras kepala'. Apalagi, The Tartan Army menerapkan strategi bertahan dengan apik. 

Tampil di kandang sendiri, Spanyol yang butuh kemenangan menurunkan skuat terbaik. Di lini depan, pelatih Luis de la Fuente menempatkan Alvaro Morata yang ditopang Ferran Torres dan Mikel Oyarzabal.

Tidak ada bintang muda Lamine Yamal yang gagal memperkuat timnas karena mengalami cedera.

Di tengah ada gelandang Manchester United Rodri yang bahu-membahu dengan Gavi dan Mikel Merino. Begitu pula di sektor belakang, bek tengah Man Cty Aymeric Laporte bersama tiga rekannya menjadi andalan membentengi kiper Unai Simon.

Namun mereka memang harus bekerja keras menghadapi Skotlandia yang memperkuat sektor pertahanan.

Bahkan manajer Steve Clarke hanya menempatkan Lyndon Dykes sebagai ujung tombak dengan skema 5-4-1.

Meski lebih banyak bertahan, namun Skotlandia sempat unggul lebih dulu saat tendangan bebas gelandang Scott McTominay membobol gawang lawan di menit 60.

Gelandang Manchester United ini menuntaskan free kick yang mengarah ke sudut gawang tanpa bisa dijangkau Simon.

Sayangnya gol cantik itu dianulir wasit setelah meninjau kejadian tersebut. Wasit Serdar Gozubuyuk menilai pemain Skotlandia Jack Hendry dalam posisi offside sehingga membatalkan gol itu.

Dalam keadaan masih imbang, Spanyol berusaha mencetak gol. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil di menit 73.

Sundulan Morata dari jarak dekat sukses membobol gawang Skotlandia. Dirinya menyelesaikan dengan baik umpan dari Jesus Navas.

Unggul 1-0 menjadikan Spanyol kian semangat dan agresif menekan lawan. Hasilnya, La Roja sukses menambah gol menjelang akhir pertandingan.

Gol dihasilkan lewat tendangan kaki kanan Oihan Sancet di menit 86. Skor berubah 2-0 untuk Spanyol dan bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan itu menjaga posisi Spanyol di peringkat dua dengan poin 12 sekaligus membuka peluang lolos ke putaran fnal. Spanyol masih tertinggal tiga poin dengan Skotlandia yang bertengger di puncak klasemen.

Meski kalah, peluang Spanyol ke putara final tetap terjaga. Mereka hanya butuh hasil imbang untuk mmastikan tiket ke Jerman.

Spanyol bersaing dengan Norwegia yang menghajar Siprus 4-0. Di laga itu, striker Erling Haaland mencetak brace. Kemenangan atas Siprus menjadikan Norwegia memiliki poin 12.