Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Argentina Vs Paraguay: Messi Bisa Tampil
Kapten Argentin Lionel Messi menjalani latihan bersama tim jelang lawan Paraguay. (Twitter @Argentina)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi bisa tampil memperkuat Argentina saat menghadapi Paraguay di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL di Stadion Mas Monumental, Jumat, 13 Oktober pagi WIB. Hanya, dirinya tidak menjadi starter dalam duel ketiga kualifikasi.

Messi sempat menjadi teka-teki karena bergulat dengan cedera otot yang membuat dia absen memperkuat Inter Miami selama empat pertandingan.

Pemain berusia 36 ini akhirnya bisa bermain untuk Inter selama 35 menit saat masuk sebagai pemain pengganti saat dikalahkan FC Cincinnati 1-0.

Meski sudah pulih dari cedera dan bisa bermain kembali, pelatih Lionel Scaloni tak serta-merta menurunkan Messi sebagai starter di laga melawan Paraguay. Mantan bintang Barcelona ini bakal dimainkan selama 40 menit di babak kedua.

Messi  membawa Argentina menang 1-0 atas Ekuador pada pertandingan pertama kualifikasi. Dirinya mencetak satu-satunya gol di laga tersebut.

Di laga kedua melawan Bolivia, Messi absen. Namun La Albiceleste malah menang telak 3-0 lewat gol Enzo Fernandez, Nicolas Tagliafico dan Nicolas Gonzalez.

Kemenangan berturut-turut itu menunjukkan konsistensi Argentina sejak memenangi Piala Dunia 2022. Mereka memenangi semua pertandingan uji coba sepanjang Maret sampai Juni, termasuk menang 2-0 atas Indonesia di Jakarta.

Hanya, Argentina memang tak menurunkan skuat terbaik saat melawan tim Merah Putih. Bahkan Messi tidak ikut datang ke Indonesia.

Scaloni tampaknya mulai membawa timnas tidak harus bergantung kepada Messi. Regenerasi pemain mulai dilakukan dengan memanggil pemain dari Argentina U21, yaitu bek kiri Lucas Esquivel. Selain itu, Scaloni memasukkan pemain dari U-23.

Pemanggilan mereka juga tidak terlepas adanya sejumlah pemain senior yang absen saat menghadapi Paraguay.

Pemain sayap Angel Di Maria dan Paulo Dybala dipastikan tidak tampil karena cedera. Begitu pula bek tengah Manchester United Lisandro Martinez yang harus menjalani operasi metatarsal sehingga dia harus absen cukup lama.

Dengan absennya Dybala dan tidak diturunkannya Messi sebagai starter, maka lini depan dihuni Julian Alvarez dan Lautaro Martinez. Mereka mendapat support dari Nicolas Gonzalez.

Di tengah ada Enzo Fernandez yang siap berkolaborasi dengan Rodrigo De Paul dan Alexis Mac Allister.

Sementara duo bek tengah diisi Cristian Romero dan Nicolas Otamendi yang beroperasi di jantung pertahanan. Dengan kuartet bek, mereka membentengi kiper Emiliano Martinez.

"Selain berupaya melanjutkan tren kemenangan, kami ingin mempertahankan cara bermain kami. Saat ini, kami sepertinya bisa mudah meraih kemenangan, tetapi semua bisa cepat berubah," kata Scaloni.

"Kami harus bisa memanfaatkan momen dengan membawa pemain muda untuk bisa belajar bagaimana para senior berlatih," ucapnya.

Menanggapi kekuatan Paraguay, Scaloni mengaku tidak tahu bagaimana persiapan tim lawan. Menurut dia tim sepenuhnya fokus pada permainan sendiri. Mereka bisa bermain seperti yang diinginkan pelatih.

"Saya tidak tahu bagaimana persiapan Paraguay untuk pertandingan ini. Mereka mungkin memakai tiga bek tengah. Tetapi yang jelas, kami fokus pada permainan sendiri dan bermain seperti yang dikehendaki," ujar Scaloni lagi.

Paraguay yang mengalami penurunan tampaknya bukan lawan berat bagi Argentina. Tim baru saja berganti pelatih setelah hasil buruk Albirroja. Mereka hanya sekali menang dari tujuh pertandingan selama 12 bulan terakhir.

Pelatih Guillermo Barros Schelotto diberhentikan pada September lalu setelah dua tahun menangani Paraguay. Posisinya digantikan Daniel Garnero yang selama delapan tahun terakhir melatih klub di Paraguay.

Garnero pun harus bekerja keras membangun tim. Apalagi, dirinya kehilangan tiga pemain pilar, Andres Cubas, Cristhian Paredes dan Diego Gomez, karena mengalami cedera.

Untuk mengisi lubang di sektor tengah, Garnero menyiapkan Richard Sanchez, Alejandro Romero dan Mathias Villasanti. Sedangkan di depan, pemain sayap Newcastle United Miguel Almiron menjadi pilihan pertama bersama Gabriel Avalos dan Ramon Sosa.

Dengan kekuatan dan materi pemain saat ini, Garnero tidak memasang target tinggi saat menghadapi tuan rumah yang jauh diunggulkan. Meski tanpa Messi, Argentina masih terlalu kuat bagi tim tamu. Ini yang menjadikan Garnero tetap realistis. 

Prakiraan Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): E. Martinez; Molina, Romero, Otamendi, Tagliafico; De Paul, Fernandez, Mac Allister; Martinez, Alvarez, Gonzalez

Paraguay (4-3-3): Coronel; Rojas, Balbuena, Gomez, Alonso; Villasanti, Sanchez, Romero; Almiron, Avalos, Sosa