Prediksi Kualifikasi Euro 2024 Kroasia Vs Turki: Masih Andalkan Sang Veteran Luka Modric
Gelandang Marcelo Brozovic siap mendukung kapten Kroasia Luka Modrid di pertandingan melawan Turki di kualifikasi Euro 2024. (X @HNS_CFF)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Kroasia berpeluang menjauh dari Turki bila meraih kemenangan dalam duel Grup D Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Opus Arena, Osijek, Jumat, 13 Oktober dini hari WIB. Kedua tim sama-sama memiliki poin 10, tetapi Kroasia unggul selisih gol dan menyimpan satu pertandingan.

Kroasia tidak hanya bertindak sebagai tuan rumah tetapi juga memiliki keuntungan psikologis karena pernah mengalahkan Turki 2-0 pada pertemuan pertama di kandang lawan.

Pada laga yang digelar pada Maret lalu, gelandang Manchester City Mateo Kovacic menjadi bintang kemenangan dengan mencetak brace.

Kini, Kroasia berharap mengulang sukses. Mereka juga menunjukkan sebagai tim yang sangat matang dengan pemain pilar yang sudah memasuki usia senja dan segera pensiun seperti Luka Modric dan Ivan Perisic.

Hanya saja, Perisic yang bermain di Tottenham Hotspur terpaksa absen karena mengalami cedera lutut.

Meski demikian pelatih Zlatko Dalic tidak akan melakukan banyak perombakan pada skuad. Modric yang memiliki caps 168 kembali menjadi motor permainan Kroasia.

Gelandang veteran Real Madrid ini bahu-membahu dengan Marcelo Brozovic dan Kovacic.

Mereka mendukung trisula di depan yang mengandalkan centre forward Bruno Petkovic yang menggantikan Perisic. Petkovic didukung Andrej Kramaric dan Josip Brekalo.

Dalic memang termasuk sukses membangun tim Kroasia yang tangguh. Apalagi, dia menghabiskan waktu yang cukup panjang sebelum membawa Kroasia menjadi finalis Piala Dunia 2018 dan Nations League, kini, Dalic menargetkan tim bisa lolos ke putaran final Euro 2024.

Sementara, Turki yang ingin membalas kekalahan di kandang sendiri tampil dengan nakhoda anyar, Vincenzo Montella. Mantan penyerang timnas Italia ini terakhir kali menangani klub Turki, Adana Demirspor.

Dirinya yang mendapat julukan Il Aeroplanino saat masih menjadi pemain ini menggantikan Stefan Kuntz setelah Turki bermain imbang 1-1 melawan rival bebuyutan Armenia. Selanjutnya, The Crescent-Stars dihajar Jepang 4-2 di sebuah laga uji coba.

Debut Montella bakal menjadi sorotan. Pasalnya, skuat yang ditanganinya dinilai tidak mumpuni sehingga mantan pelatih Fiorentina ini harus bekerja keras melakukan perbaikan.

Di laga tersebut, Montella kehilangan bek Merih Demiral karena akumulasi kartu yang diterimanya. Tanpa bek Al Ahli ini, Montella menurunkan duet Caglar Soyuncu dan Kaan Ayhan di jantung pertahanan.

Selain Demiral, dua pilar Arda Guler dan Cengiz Under tak bisa tampil. Guler, bintang muda Real Madrid ini masih menjalani pemulihan usai operasi lutut. Sementara, Under memang tak dipanggil Montella.

Sektor tegah Turki bertumpu pada kreativitas gelandang Hakan Calhanoglu. Dirinya didukung Irfan Kahveci, Orkun Kokcu dan Kerem Akturkoglu.

Turki mungkin merepotkan Kroasia. Namun tuan rumah dalam posisi di atas angin dan sedikit diunggulkan. Dengan menargetkan kemenangan Kroasia bisa mempertahankan posisi di puncak klasemen.

Prakiraan Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Juranovic, Vida, Gvardiol, Sosa; Modric, Brozovic, Kovacic; Kramaric, Petkovic, Brekalo

Turki (4-1-4-1): Cakir; Celik, Ayhan, Soyuncu, Ozkacar; Yuksek; Kahveci, Kokcu, Calhanoglu, Akturkoglu; Yilmaz