Gol Tunggal Ante Budimir ke Gawang Armenia Bawa Kroasia ke Jerman
Striker Kroasia Ante Budimir merayakan gol saat menghadapi Armenia di laga terakhir kualifikasi Euro 2024. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Kroasia meraih tiket ke putaran final Euro 2024 setelah menang tipis 1-0 atas Armenia di pertandingan terakhir Grup D kualifikasi Euro 2024 di Stadion Maksimir, Rabu, 2 November dini hari WIB. Striker Ante Budimir mencetak satu-satunya gol yang meloloskan Kroasia.

Persaingan di Grup D tidak kalah ketat dan panas. Perebutan satu tiket ke putaran final Euro 2024 pun ditentukan sampai laga terakhir setelah Turki menjdi tim pertama di grup itu yang memastikan lolos ke Jerman.

Sedangkan satu tiket lagi diperebutkan Kroasia dan Wales yang bersaing ketat. Hanya Wales sempat berada di atas angin setelah menduduki peringkat dua di klasemen sementara.

Harapan Kroasia untuk lolos mulai terbuka setelah mengalahkan Latvia 2-0. Sebaliknya, Wales malah kehilangan poin krusial karena bermain imbang 1-1 melawan Armenia.

Dari hasil itu, perebutan tiket ditentukan di laga terakhir. Lagi-lagi, Kroasia yang tampil sebagai pemenang setelah menaklukkan Armenia dan mengantungi poin 16. Unggul empat poin dengan Wales yang kembali bermain imbang 1-1 saat menjamu Turki.

Kroasia pun merebut tiket otomatis ke Jerman. Sementara, peluang Wales masih terbuka. Hanya The Dragons harus melalui babak playoff untuk mendapatkan tiket itu.

Dalam pertandingan dengan cuaca yang dingin itu, Kroasia harus bekerja keras mengatasi perlawanan Armenia. Pelatih Zlatko Dalic tetap mengandalkan pemain veteran seperti Luka Modric dan Marcelo Brozovic.

Sedangkan Budimir yang sesungguhnya termasuk senior karena sudah berusia 32 menjadi ujung tombak. Dirinya ditopang Lovro Majer, Andrej Kramaric dan Luka Ivanusec.

Tampil dengan semangat tinggi dan dukungan dari suporter yang memenuhi stadion karena tiket sold out, Kroasia langsung menekan lawan sejak menit pertama. Hasilnya Armenia hanya bisa bertahan menghadapi permainan ofensif tuan rumah.

Kroasia sesungguhya mendapat peluang bagus dari titik penalti setelah Brozovic dijatuhkan di kotak terlarang di menit 14. Namun wasit membiarkan insiden itu.

Selanjutnya Budimir mendapat dua peluang lewat sundulan. Hanya saja, semua peluang dari striker Osasuna itu digagalkan kiper Ognen Cancarevic.

Usaha keras dan kesabaran pemain Kroasia akhirnya membuahkan hasil menjelang akhir babak pertama. Budimir sukses menjebol gawang Armenia lewat sundulan!

Gol itu berawal dari bek kiri Borna Sosa yang rajin melapis serangan. Sosa yang menyisir sektor kiri kemudian melepaskan tendangan yang disambut oleh Budimir. Gol itu dihasilkan dia pada menit 43.

Ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta. Pasalnya tidak ada lagi gol dari Kroasia yang melakukan 23 tendangan ke gawang. Hanya saja tidak ada yang menghasilkan gol sampai Budimir memecah kebuntuan.