Bagikan:

JAKARTA - Kroasia membuka harapan lolos ke Euro 2024 setelah mengalahkan Latvia 2-0 di pertandingan Grup D kualifikasi Euro 2024 di Stadion Skonto, Minggu, 19 November dini hari WIB.

Kroasia seharusnya sudah memastikan tiket ke putaran final bila tidak menelan kekalahan berturut-turut.

Sebelumnya Kroasia yang bermain di kandang sendiri malah dipermalukan Turki 1-0. Di laga berikut, Luka Modric dkk kembali kehilangan poin setelah dikalahkan Wales 2-1.

Namun Kroasia berhasil bangkit dam memutus tren buruk itu saat menghadapi Latvia. Meski bermain di kandang lawan, mereka berhasil meraih tiga poin yang ujungnya bisa menggeser Wales.

Kemenangan itu menjadikan Kroasia kembali ke peringkat dua dengan poin 13. Mereka unggul dua poin dari Wales yang berada di peringkat tiga.

Setelah Turki yang lolos ke putaran final, kini Kroasia dan Wales yang merebut tiket ke Jerman. Kroasia berada di atas angin karena menjamu Armenia di Stadion Maksimir, 22 November dini hari WIB. Sementara, Wales bertindak sebagai tuan rumah saat menghadapi Turki.

Dalam pertandingan melawan Latvia yang menduduki dasar klasemen, Kroasia mampu unggul lewat go-gol cepat. Hanya Kroasia tak pesta gol seperti pada pertemuan pertama. Saat itu, mereka bisa menang telak 5-0.

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Kroasia sudah unggul lewat Lovro Majer. Gol berawal dari umpan Modric yang diberikan kepada Luka Ivanusec yang kemudian menyisir di sisi kanan. Ivanusec kemudian melepaskan umpan silang yang disambut Majer.

Unggul 1-0 menjadikan Kroasia meningkatkan serangan. Mereka menciptakan sejumlah peluang yang membuat Latvia mendapat banyak tekanan.

Kroasia tak butuh lama untuk menambah gol. Kali ini, Andrej Kramaric yang membobol gawang Latvia di menit 16. Lagi-lagi Modric berperan dalam proses terciptanya gol itu.

Gelandang veteran Real Madrid yang masih menjadi motor permainan Kroasia memberikan umpan back heel kepada Josip Stanisic.

Dirinya kemudian melepaskan bola silang yang disambut Majer yang memberikan assist kepada Kramaric. Tanpa kesulitan Ktamaric membobol gawang tuan rumah.

Latva mencoba bangkit setelah kemasukan gol dua kali. Hanya serangan mereka selalu gagal.

Pasalnya, Kroasia unggul penguasan bola. Total ada tujuh tendangan dan tiga yang menjadi target. Skor 2-0 untuk Kroasia bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Kroasia dan Latvia tak melakukan perubahan susunan pemain. Namun Kroasia lebhi dominasi dan mengontrol pertandingan.

Hanya saja, mereka belum bisa menambah gol. Sampai akhir laga, skor tak berubah dan Kroasia membuka peluang untuk lolos ke Jerman.