Bagikan:

JAKARTA - Minggu malam 5 Oktober atau Senin dini hari WIB, Wales memberikan harapan besar untuk lolos ke Euro 2024 setelah mengalahkan Kroasia 2-1 di Stadion Cardiff City. Dua gol dari Harry Wilson di awal babak kedua membuat Cymru berada dalam kendali pertandingan yang harus mereka menangi untuk mempertahankan peluang lolos secara otomatis ke Jerman.

Kemenangan ini berpotensi membuat Kroasia gagal melaju ke Euro 2024. Wilson yang bermain untuk Fulham hari itu merayakan cap ke-50-nya. Ia tampil sangat baik berduet dengan David Brooks sepanjang pertandingan, dan keduanya berkolaborasi untuk menciptakan gol Wilson setelah jeda.

Lewat  tembakan tipisnya yang melewati Dominik Livakovic, tuan rumah unggul, dan Wilson segera menggandakan keunggulan mereka dengan sundulan cerdik dari umpan silang Dan James. Gol kepala Mario Pasalic membuat pertandingan semakin ketat selama 15 menit terakhir ditambah waktu tambahan, tetapi Wales berhasil mempertahankan kemenangan tersebut.

Tim yang diasuh Robert Page telah mengalami kesulitan dalam grup mereka sejauh ini, terutama setelah kekalahan tandang yang merugikan dari Armenia pada bulan Juni. Hasil itu meninggalkan mereka dengan pekerjaan berat. Hasil-hasil tersebut membuat mereka harus memenangkan tiga pertandingan terakhir untuk lolos secara otomatis, meskipun mereka kemungkinan memiliki peluang melalui babak playoff.

Kemenangan atas Kroasia menjadikan Wales berada di posisi kedua dalam grup dengan sepuluh poin setelah enam pertandingan, dengan dua pertandingan tersisa. Mereka memiliki jumlah poin yang sama dengan Kroasia, tetapi unggul dalam pertandingan head-to-head. Wales bermain imbang 1-1 di Split dalam fase grup.

Kedua tim sekarang bersaing untuk meraih tempat otomatis kedua untuk lolos ke Jerman. Pemimpin grup Turki sudah memastikan diri lolos ke turnamen musim panas mendatang setelah mengalahkan Latvia 4-0.

Wales akan bertandang ke Armenia bulan depan dan kemudian menjamu Turki dalam pertandingan grup penting terakhir, dengan harapan bahwa dua kemenangan dari dua pertandingan terakhir mereka akan membawa mereka ke Jerman.