Bagikan:

JAKARTA - Spanyol memastikan lolos ke putaran final Euro 2024 setela menang tipis 1-0 lewat gol Gavi atas tuan rumah Norwegia di pertandingan Grup A babak kualifikasi di Stadion Ullevaal, Senin, 16 Oktober dini hari WIB. Hasil itu juga mengantarkan Skotlandia meraih tiket ke Jerman.

Ya, Spanyol dan Skotlandia langsung mengantungi tiket ke putaran final. Kemenangan atas Norwegia menjadikan Spanyol mengantungi poin 15.

Perolehan poin mereka sama dengan Skotlandia, namun Spanyol unggul selisih gol sehingga bisa merebit posisi puncak klasemen.

Sedangkan Skotlandia turun ke posisi dua. Sebelumnya, Skotlandia juga gagal menambah poin karena harus mengakui keunggulan Spanyol dengan skor 2-0.

Baik Spanyol maupun Skotlandia masih melakoni dua pertandingan lagi. Namun perolehan poin mereka tidak bisa lagi dikejar oleh Norwegia yang sudah menyelesaikan tujuh pertandingan.

Norwegia sendiri menduduki peringkat tiga dengan poin 10. Karena tinggal menyelesaikan satu pertandingan lagi melawan Skotlandia, maka Erling Haaland dkk harus memupus harapan berlaga di Euro 2024 . Haaland pun menjadi salah satu bintang yang sudah pasti absen di Piala Eropa.

Sebelumnya, di gelaran Piala Dunia 2022, striker Manchester City ini juga absen karena Norwegia tidak lolos ke putaran final.

Di pertandingan itu, Haaland memang tidak berkutik menghadap pertahanan kokoh Spanyol yang digalang rekannya di Man City, Aymeric Laporte bersama Dani Carvajal.

Dengan kedalaman skuat yang berbed kualitas, Norwegia pun gagal mendikte lawan meski bermain di kandang sendiri. Spanyol justru yang lebih mendominasi dengan ball possession selalu di atas 60%.

Keungulan penguasaan bola ditunjukkan dengan gol yang tercipta di menit 20. Striker Alvaro Morata sukses menaklukkan kiper Orjan Nyland.

Namun gol Morata dianulir wasit Tobias Stieler setelah meninjau insiden lewat VAR. Lewat tinjauan VAR, Morata dinyatakan offside sebelum membobol gawang lawan sehingga gol dia tak disahkan.

Batal unggul tak membuat Spanyol kehilangan semangat. Merka tetap mengontrol pertandingan dan berusaha menekan lawan. Hanya usaha mereka ak membuahkan hasil sehingga skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Spanyol tak menurunkan tempo permainan. Apalagi, mereka belum bisa membobol gawang lawan meski sepenuhnya mendominasi.

Kesabaran pemain Spanyol akhirnya memberikan hasil saat Gavi melepaskan tendangan kaki kiri yang menembus gawang tuan rumah saat laga baru berjalan empat menit.

Hanya, wasit kembali meninjau gol itu lewat VAR. Kali ini, Stieler menyatakan tidak ada pelanggaran sehingga gol pemain Barcelona ini dinyatakan sah.

Skor berubah menjadi 1-0. Setelah gol itu, Norwegia mencoba bangkit untuk mengejar ketinggalan.

Namun usaha mereka sia-sia. Bahkan tambahan waktu sampai delapan menit tak bisa dimanfaatkan Halaland untuk membobol gawang La Roja.

Sampai akhir laga skor tetap 1-0 untuk Spanyol. Hasil itu menjadikan Spanyol langsung membawa Skotlandia ke Jerman.