Moncer di Manchester City, Erling Haaland Justru Cedera Saat Dibutuhkan Timnas Norwegia
Pemain Manchester City dan timnas Norwegia, Erling Haaland. (Foto: Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA – Penyerang Norwegia Erling Haaland dipastikan absen membela negaranya dalam pertandingan pembukaan kualifikasi Euro 2024 karena cedera pangkal paha.

Cedera tersebut terjadi saat ia mencetak trigol untuk membantu Manchester City menang 6-0 atas Burnley di perempat final Piala FA di Stadion Etihad pada Minggu, 19 Maret lalu.

"Erling Braut Haaland masih merasa sakit pada pangkal pahanya setelah pertandingan melawan Burnley," demikian bunyi pernyataan federasi sepak bola Norwegia, dilansir Eurosport.

Di pertandingan melawan Burnley, mantan pemain Borussia Dortmund itu tidak bisa bermain penuh akibat cedera itu. Ia pun ditarik ke luar lapangan pada menit ke-63 digantikan dengan Cole Palmer.

Hasil tes kemudian menunjukkan pemain berusia 22 tahun itu mengalami cedera pada pangkal paha. Cedera ini membuat ia harus absen setidaknya selama satu pekan.

"Setelah melakukan tes dan pemeriksaan kemarin, menjadi jelas bahwa ia tidak akan tampil dalam pertandingan melawan Spanyol dan Georgia," demikian lanjut pernyataan Norwegia.

Haaland tampil moncer bersama The Citizens dengan mencetak 42 gol dalam 37 pertandingan musim ini untuk City.  Ia juga telah menjaring 21 gol untuk Norwegia, tetapi belum membantu negaranya lolos ke turnamen besar.

Norwegia memulai kualifikasi Piala Eropa 2024 menghadapi Spanyol, Minggu, 26 Maret, menyusul melawan Georgia dua hari kemudian.

Dalam sejarahnya, Norwegia hanya satu kali lolos ke Piala Eropa, yakni pada tahun 2000. Perjalanan mereka ketika itu langsung terhenti di babak grup setelah finis di posisi ketiga dari empat tim.