Italia Vs Inggris di Kualifikasi Euro 2024 Ibarat Laga Klasik Buat Roberto Mancini
Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini. (Foto: Twitter/@Azzurri)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Italia akan menjamu Inggris pada pembukaa kualifikasi Euro 2024, Jumat, 24 Maret dini hari WIB. Laga ini diyakini bakal berlangsung sengit.

Pelatih Italia, Roberto Mancini percaya, duel timnya dengan Inggris sudah mendapatkan label "klasik". Hal ini tak lepas dari rivalitas kedua tim yang sudah terjalin sejak lama.

Bahkan, kedua tim juga sering bertemu belakangan ini. Satu di antaranya saat Azzurri memenangi Euro dengan mengalahkan tim Gareth Southgate melalui adu penalti pada laga final di Wembley pada 2021.

Italia dan The Three Lions kemudian bermain imbang tanpa gol di Nations League Juni lalu, sebelum Giacomo Raspadori mengamankan kemenangan 1-0 untuk pasukan Mancini dalam pertemuan terakhir mereka tiga bulan kemudian.

Inggris akan mendapat kesempatan lain untuk membalas dendam dalam pertandingan penyisihan Grup C di Stadio Diego Armando Maradona, pekan ini. Mancini pun mengharapkan tantangan besar di Naples.

"Bagi saya, ini menjadi klasik. Inggris dan Italia tampaknya sering bertemu, seperti Italia dan Jerman di masa lalu," kata Mancini.

"Untuk waktu yang lama sekarang mereka telah menjadi tim yang fantastis, penuh dengan pemain berbakat, dengan kekuatan dan teknik. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit seperti yang lainnya."

"Mereka memiliki lebih banyak pilihan daripada kami karena berbagai alasan, tetapi di Naples kami ingin memainkan pertandingan yang bagus, bermain dengan baik dan memulai kualifikasi ini dengan baik," lanjutnya.

Mancini mengatakan, timnya kini sedang berjuang untuk mengembalikan kejayaan tim setelah sebelumnya gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

"Sayangnya ada jeda yang sulit di Piala Dunia, tetapi terlepas dari beberapa pertandingan, tim selalu melakukannya dengan baik," tutur Mancini.

"Kami dua kali ke final Nations League, ini berarti ada nilai (dalam tim). Kami harus membangun kembali sesuatu yang penting, karena untuk menang harus ada fondasi yang kokoh," sambungnya lagi.