Bagikan:

JAKARTA - Pemain naturalisasi milik timnas Italia, Mateo Retegui, kembali memberikan dampak positif untuk timnya. Dia kembali mencetak gol untuk Gli Azzurri di ajang kualifikasi Euro 2024.

Setelah sebelumnya menjebol gawang Inggris, Retegui kemudian membobol gawang Malta, Senin, 27 Maret dini hari WIB. Dia membantu timnas Italia menang 2-0 atas Malta di laga kedua kualifikasi Euro 2024 Grup C.

Dampak instan Retegui ini telah membuat pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, mempertimbangkan untuk memberi slot lebih banyak kepada pemain naturalisasi.

Hal ini, menurut Mancini, karena stok pemain asli Italia yang dimilikinya. Di Serie A, persentase pemain asli Italia terbilang sangat kecil.

"Kemungkinan begitu. Kami memiliki persentase yang kecil (pemain asli Italia) di Serie A. Di Swiss, 15 dari 20 adalah penduduk asli," ungkap Mancini.

"Belgia juga sama. Prancis, Jerman, Inggris termasuk di dalamnya. Hingga beberapa tahun yang lalu, kami memiliki pemain yang kuat dan tak perlu melakukannya (memberikan ruang untuk pemain non-Italia)."

"Tim lain telah melakukan sesuatu kepada kami. Sering kali mereka mengambil pemain yang kami besarkan, dan kami akan melakukan hal yang sama sekarang," tuturnya lagi.

Mancini kemudian melayangkan pujian kepada Retegui. Pemain berusia 23 tahun itu dinilai memiliki kualitas sebagai penyerang tengah.

Sang pelatih menyebut, Retegui memang masih butuh waktu. Namun, kontribusi gol dan kualitas yang dimiliki pemain Boca Juniors itu menjadi hal yang terpenting sekarang.

"Sekarang kami harus menunggu, kami harus memberinya waktu. Dia seperti siswa di sekolah baru. Dia harus mempelajari segalanya," ujar Mancini.