Bagikan:

JAKARTA - Spanyol kehilangan bintang muda Lamine Yamal saat melakoni kualifikasi Euro 2024. Tanpa Yamal, Spanyol siap menuntaskan misi membalas kekalahan saat melawan Skotlandia di laga Grup A di Stadion de La Cartuja, Jumat, 13 Oktober dini hari WIB.

Tim nasional Spanyol tidak bis diperkuat the wonder kid, Yamal yang mengalami cedera panggul saat memperkuat Barcelona melawan Granada di pertandingan La Liga Spanyol.

Federasi sesungguhnya berharap Yamal masuk skuat menghadapi Skotlandia dan Norwegia. Untuk itu, dirinya diharapkan menjalani pemeriksaan medis timnas.

Ini untuk memastikan apakah pemain berusia 16 ini benar-benar tak bisa bermain akibat cederanya atau memang diistirahatkan klub setelah menjalani pertandingan yang padat di kompetisi domestik dan Liga Champions.

Namun sikap keberatan Barca untuk tidak melepas Yamal dikabulkan. Pemain yang menjadi pemain termuda saat debut timnas sekaligus pencetak gol di laga melawan Georgia pun tidak masuk skuat untuk dua laga kualifikasi Euro 2024.

Hanya ketidakhadiran Yamal sesungguhnya tak berdampak serius bagi La Roja. Pelatih Luis de la Fuente memiliki skuat yang komplet untuk menuntaskan dendam kekalahan 2-0 pada pertemuan pertama di Skotlandia.

Tak sekadar menuntaskan dendam, Spanyol memang butuh kemenangan karena bersaing ketat dengan Norwegia.

Saat ini, Spanyol yang menduduki peringkat dua memiliki poin sembilan. Unggul dua poin dengan Norwegia yang menempati posisi tiga. Sementara, Skotlandia berada di puncak klasemen dengan poin 15.

Demi target itu, De la Fuente optimistis meraih tiga poin di kandang sendiri sekaligus memecahkan rekor tak terkalahkan Skotlandia. Apalagi, tim menunjukkan perkembangan berarti sejak kekalahan di Hampden Park.

"Kami bukan tim di bulan Maret atau Juni. Kami menunjukkan perkembangan yang lebih baik. Kami belajar dari pertandingan sebelumnya dan berusaha mencapai level maksimal di pertandingan ini," ucap De la Fuente.

"Saat pertandingan [di bulan Maret] kami hanya menjalani beberapa kali latihan saja. Kini kami sudah berlatih bersama selama beberapa bulan," kata dia lagi.

De la Fuente memang harus melakukan perubahan pada starting line up karena tidak hanya Yamal yang absen tetapi juga Pedri, Marco Asensio dan Jose Gaya yang masih menjalani masa pemulihan.

Di depan, Alvaro Morata akan menjadi ujung tombak. Dirinya ditopang Ferran Torres yang menggantikan posisi Yamal dan Nico Williams.

Sedangkan Alejandro Balde menempati posisi bek kiri menggantkan Gaya. Yang lain tak berubah dengan gelandang Manchester City Rodri menempati gelandang bertahan dan bahu-membahu dengan Mikel Merino dan Gavi.

Di bawah mistar berdiri kiper Unai Simon yang siap menahan gempuran striker The Tartan Army Che Adams yang didukung John McGinn dan Scott McTominay, bintang Manchester United yang baru saja mencetak brace saat menang 2-1 atas Brentford.

Striker Jacob Brown dan Lawrence Shankland sesungguhnya sudah pulih dan bergabung dengan timnas. Hanya, manajer Steve Clarke lebih memilih mengandalkan Adams.

Sementara, bek sayap Liverpool Andre Robertson menjadi pilihan pertama bersama Jack Henry. Mereka bahu-membahu dengan duo gelandang pivotal, Billy Gilmour dan Callum McGregor. Di bawah mistar berdiri Angus Gunn. Dirinya ditopang tiga bek.

Bagaimana dengan peluang Skotlandia meraih kemenangan di laga tandang? Tak mudah karena Spanyol yang menjadi unggulan.

Tuan rumah memang kehilangan beberapa pemain pilar. Namun mereka diprediksi bakal memperpanjang rekor 25 kali ta terkalahkan di pertandingan kandang.

Prakiraan Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Balde; Merino, Rodri, Gavi; Torres, Morata, N. Williams

Skotlandia (3-4-2-1): Gunn; Porteous, Hendry, Cooper; Hickey, Gilmour, McGregor, Robertson; McTominay, McGinn; Adams