Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir merespons isu yang menyebut Shin Tae-yong dapat perpanjangan kontrak hingga tiga tahun ke depan sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. Menurut Erick Thohir, semua masih berjalan sesuai rencana awal.

Shin Tae-yong sejatinya punya kontrak hingga akhir 2023, tapi karena kebutuhan Timnas Indonesia dengan agenda yang padat, kontrak pelatih asal Korea Selatan ini diperpanjang hingga Juni 2024.

Namun belakangan muncul spekulasi yang mengatakan kontrak pelatih akan diperpanjang tiga tahun lagi.

"Pembicaraan saya dengan Coach Shin Tae-yong (soal kontrak) masih sampai Juni 2024," kata Erick Thohir saat konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa, 10 Oktober.

Meski demikian, Erick Thohir memberikan sinyal kontrak Shin akan diperpanjang lebih lama lagi. Alasan utama karena kontribusi Shin Tae-yong yang sudah memberikan banyak pencapaian untuk Skuad Garuda.

"Di mana penilaiannya nanti apakah perpanjangan lebih panjang tentu sesuai dengan prestasi yang ada di Kejuaraan Asia (Piala Asia) di Qatar, baik senior maupun U-23,” tutur Erick.

"Saya rasa Coach Shin Tae-yong sudah berbuat maksimal ketika membawa U-23 pertama kalinya lolos di Asia, ini pertama kali dalam sejarah dan timnas kita setelah 17 tahun kembali bermain di tingkat Asia," lanjutnya.

Dia menegaskan, perpanjangan kontrak akan berdasarkan pencapaian Shin Tae-yong dalam memenuhi target dari PSSI. Dia pun akan mendiskusikan hal ini dengan sang pelatih.

"Tetapi kalau (kontrak) lebih panjang lagi saya berharap ada target-target yang kami sepakati. Saya akan diskusi dengan coach Shin Tae-yong, saya ada kedekatan dan ini hal yang baik buat sepak bola Indonesia," tandas Erick.