Profil Mario Aji, Pembalap Indonesia yang Berlaga di Moto3 Mandalika 2023
Ilustrasi Mario Aji (Dok. Honda Team Asia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Mario Aji menarik untuk dibahas. Ia sendiri dikenal sebagai salah satu pebalap Indonesia dengan berbagai prestasi. Terbaru, pebalap jebolan Astra Honda Racing Team itu akan memacu kendaraannya di ajang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika yang digelar mulai 13 hingga 15 Oktober.

Profil Mario Aji

Mario Suryo Aji adalah pebalap asli Indonesia. Ia lahir di Madiun, Jawa Timur pada 16 Maret 2004. Ketertarikannya pada dunia balap sudah muncul sejak kecil. Awalnya ia belajar motocross dan road race.

Keterarikannya pada dunia balap pun tak lepas dari peran sang ayah yakni Hartoto. Diketahui Hartoto adalah pebalap motocross Tanah Air. Bakat Mario Aji ternyata menarik perhatian tim scouting Honda Racing School yang mendapuknya sebagai rider motorsport.

Setelah Mario Aji berhasil lulus dari Honda Racing School pada 2016, ia kemudian mulai meniti karier juniornya di beberapa kejuaraan, baik tingkat nasional maupun internasional. Setelah itu ia memutuskan bergabung dengan tim Indonesia di Asia Talent Cup dan mulai bertanding melawan banyak pebalap lain dari berbagai negara di Asia.

Hasilnya cukup membanggakan. Di tahun 2018 kegemilangannya mulai terlihat. Salah satu keberhasilan yang ia peroleh adalah raihan podium di Asia Talent Cup  dan berhasil memenangkan beberapa Grand Prix.

Melihat capaian dan penampilan Mario, tim akademi Red Bull pun menaruh minat terhadapnya. Ia kemudian ditunjuk untuk mewakili tim tersebut berlaga di Red Bull Rookie Cup 2019-2021 dan FIM CEV Moto3 2019-2021.

Selama ia berlaga di Red Bull Rookie serta CEV FIM mulai periode 2019 hingga 2021, Mario mengendarai motor setara dengan Moto3 dengan hasil yang memuaskan. Karena capaian tersebut Honda Team Asia yang fokus di Moto3 akhirnya menarik lagi Mario sebagai perwakilan rider mereka.

Di kompetisi Moto3 2022, Mario berhasil tampil beberapa kali dan sukses merampungkan 20 balapan sepanjang musim. Akan tetapi ia hanya mendapat 5 poin dengan finish di peringkat 26.

Sedangkan di musim 2023, Mario Aji punya peluang finis yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya karena ia telah mengumpulkan 4 poin dari 14 balapan. Ia juga masih punya peluang lain untuk menambah poin terutama saat tampil di Moto3 Mandalika 2023.

Mario Aji juga diprediksi menghadapi tantangan baru di musim depan dengan berlaga di Moto2. Capaian tersebut tentu sangat membanggakan. Terkait hal tersebut, Manager Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama optimis bahwa Mario bakal cepat adaptasi dengan kelas barunya. Ia juga diharapkan mampu bersaing secara kompetitif.

Terbaru, Mario Aji telah menyelesaikan laganya di gelaran Moto3 Mandalika 2023 yang digelar pada Jumat, 13 Oktober, pagi. Sayangnya, Mario Aji gagal menembus posisi 20 besar di P2 Moto3 Mandalika 2023.

Di P2 Moto3 di Sirkuit Mandalika, Mario Aji harus puas dengan peringkat ke-22 torehan waktu 1 menit 41,279 detik.

Itulah informasi tentang profil Mario Aji. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.