Pebalap Moto3 dari Indonesia Mario Suryo Aji: Profi dan Kabar Terbarunya
Pebalap Indonesia, Mario Aji, pede menatap Moto3 Portugal. (Dok. Honda Team Asia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mario Suryo Aji mengharumkan nama Indonesia dari ajang moto3. Ia menuai sorotan setelah menorehkan hasil yang memuaskan di beberapa ajang Moto3 yang digelar di Indonesia dan di beberapa negara. Lalu, siapa dia sebenarnya?

Profil Suryo Aji si pebalap Moto3 dari Indonesia

Predikat pebalap Moto3 terbaik dari Indonesia sangat melekat pada nama Suryo Aji. Ia adalah lahir di Magetan, Jawa Timur pada 16 Maret 2004. Ia mulau tertarik dengan sepeda motor sejak usia 5 tahun. Namun ia mengawali karir balapannya justru bukan di jalanan aspal melainkan di lintasan offroad dengan motocross. Ia juga sempat berlaga di Kejuaraan Nasional Motocross di Indonesia saat usia 10 tahun.

Namun pada tahun 2014 ia memutuskan untuk terjun ke balap motor jalan raya untuk menjadi seorang pebalap MotoGP. Kerja keras dan bakat Suryo ternyata mampu menarik perhatian Honda Racing School.

Ia diikutkan dalam beberapa kompetisi balapan seperti di ajang Thailand Talent Cup 2017. Tak hanya itu ia juga dipercaya untuk maju ke Asia Talent Cup Kejuaraan Road Race Asia. Dari ajang tersebut ia berhasil meraih kemenangan pertamanya di Sepang, Malaysia.

Kemampuan Mario Aji makin meningkat, berbagai kompetisi juga terus diikutinya. Ia sempat tampil di ajang FIM CEV 2019 kelas Moto3 World Junior Championship. Di tahun yang sama pula ia juga dengan percaya diri tampil di Red Bull Rookies, ajang balap motor yang cukup bergengsi.

Meraih Prestasi di Moto3

Dari sederet prestasi Suryo Aji, yang kemudian menuai sorotan adalah saat ia berhasil finis di ajang Moto3. Ia bersaing dengan berbagai pebalap lain dari seluruh dunia. Salah satunya adalah kompetisi Moto3 Mandalika 2022.

Kepercayaan yang diberikan oleh Honda Team Asia untuk Suryo Aji tidak sia-sia. Di ajang grand prix tersebut ia jadi pebalap pertama Indonesia yang start di posisi ketiga. Ia mencatatkan waktu 1 menit 41,567 detik yang membuatnya berada di posisi tiga besar di belakang Carlos Tatay dan Diogo Moreira.

Tak hanya jago kandang, Suryo Aji juga berhasil menunjukkan performa terbaiknya di balap Moto3 Italia yang digelar di Sirkuit Mugello pada Mei 2022 lalu. Saat itu ia start di posisi 23 namun berhasil finis di posisi 13. Keberhasilan tersebut bukan main-main karena membuatnya berhasil mengantongi tiga poin dari balapan Moto3 Italia. Kini ia sudah mengantongi total lima poin dari ajang Moto3 2022.

Kabar Terbaru Mario Suryo Aji

Prestasi Mario Suryo membuat ia terus dipercaya oleh Honda Team Asia untuk melakoni musim 2023 nanti. Tim asal Jepang tersebut tak melakukan pergantian untuk Mario Suryo. Rencananya ia akan tandem dengan pebalap Jepang, Taiyo Furusato di Moto3 2023.

Mario Suryo dan Taiyo Furusato dinilai layak jadi bagian dari Honda Team Asia di musim depan.

“Keduanya memenuhi program pelatihan yang telah ditentukan dengan sempurna, sehingga mereka layak mendapatkan kepercayaan diri untuk melanjutkan musim berikutnya,” demikian pernyataan Honda Team Asia dikutip dari Mailchi.mp.

Sambutan positif juga diberikan oleh manajer tim Hiroshi Aoyama. Ia mengaku senang atas kabar tersebut. Ia mengatakan bahwa kedua ridernya menunjukkan perkembangan dan diharapkan grafik keduanya naik hingga musim depan.

Selain terkait kabar pebalap Moto3 dari Indonesia Mario Suryo Aji, dapatkan informasi menarik lain di VOI.ID.