Cedera Lawan Georgia di Kualifikasi Euro 2024, Barcelona Pertimbangkan Cari Pengganti Gavi
Cedera lutut gelandang timnas Spanyol Gavi membuat Barcelona harus mencari penggantinya. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona butuh gelandang untuk menggantikan Gavi yang cedera lutut cukup parah. Hanya, Barca tetap harus pikir-pikir mendatangkan pemain baru meski hanya sekadar meminjamnya karena kondisi finansial klub.

Kemenangan 3-1 Spanyol atas Georgia di pertandingan terakhir kualifikasi Euro 2024 sungguh berharga mahal. Bagaimana tidak, Spanyol yang sudah lolos ke putaran fnal sesungguhnya hanya melakoni laga formalitas melawan Georgia.

Namun pelatih Luis de la Fuente tetap menurunkan skuat terbaik. Hasilnya, La Roja memenangkan laga yang tak berpengaruh lagi.

Hanya saja, Spanyol kehilangan Gavi yang mengalami cedera lutut parah sehingga harus ditarik keluar di menit 26. Spanyol pun harus membayar mahal kemenangan tak penting itu karena Gavi dipastikan absen sampai akhir musim.

Bahkan gelandang bernama lengkap Pablo Martin Paez Gavira ini terancam absen berlaga di Euro 2024. Sebuah keputusan dari De la Fuente yang akhirnya sangat merugikan Barca dan Spanyol.

Barca pun kerepotan karena Gavi merupakan pemain pilar. Musim ini, dia sudah bermain 15 kali di berbagai kompetisi. Pemain berusia 19 ini sudah mencetak dua gol dan membuat satu assist.

Direktur Olahraga klub Deco menuturkan pihaknya masih mempertimbangkan apakah perlu merekrut pemain untuk menggantikan Gavi atau tidak. Yang jelas bila butuh pemain, klub hanya memberi opsi peminjaman dan bukan perekrutan yang bersifat permanen.

"Skenario baru terpaksa disusun kembali. Kami harus mengevaluasi dengan pertimbangan apa yang bisa kami lakukan. Kami harus melihat bagaimana kondisi finansial klub," ujar Deco.

"Di bursa transfer pada Januari, pemain penting tetap akan bermain di klub masing-masing. Tak mudah mendapatkan pemain bagus di jendela transfer di bulan itu," kata eks bintang Barca pada era 2000-an.

Deco, mantan pemain asal Brasil yang kemudian dinaturalisasi Portugal ini mengaku sulit mendapatkan pemain pada jendela transfer Januari. Jarang terjadi perpindahan pemain top pada bursa tersebut.

Namun bila Barca tetap harus melakukan perekrutan, klub La Liga Spanyol kemungkinan meminjam gelandang Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso.

Pemain yang turut memperkuat timnas Argentina saat beruji coba melawan Indonesia ini menjadi pengganti Gavi paling potensial.

Le Celso ini pernah bermain di La Liga dengan membela Real Betis dan Villarreal. Dirinya kemungkinan dipinjam Barca sampai akhir musim.

Namun Deco tetap mempertimbangkan kondisi finansial klub. Selain itu, dua gelandang Frenkie de Jong dan Sergi Roberto sudah pulih dari cedera panjang. Bila mereka sudah siap, Barca tak perlu menambah pemain.