Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol: Kegagalan Peru Raih Kemenangan Perdana
Peru kembali gagal meraih tiga poin perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol (Instagram/@labicolor).

Bagikan:

JAKARTA - Peru menjamu Venezuela pada matchday keenam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol di Stadion Nasional Lima, Rabu, 22 November 2023.

Sebelum laga, Peru mengapungkan ambisi meraih tiga poin perdana dalam kualifikasi. Apalagi mereka bertanding di hadapan publik sendiri, target tersebut tentu punya kans besar terwujud.

Motivasi itu lantas membuat La Bicolor, julukan Peru, tampil langsung menekan sejak awal. Peluang sudah tercipta pada menit keenam melalui sundulan Alexander Callens, tapi masih melebar di sisi kanan gawang Venezuela.

Tiga menit berselang, Peru menebar ancaman serius dan nyaris berbuah gol. Umpan terobosan Gianluca Lapadula jatuh di kaki Yoshimar Yotun.

Yotun berhasil meninggalkan bek Venezuela sebelum berhadapan satu lawan satu dengan kiper Rafael Romo. Sayang, Yotun gagal mengelabui sang kiper yang mana sontekannya masih bisa diadang dan hanya berujung sepak pojok.

Yotun lantas membayar kesalahannya itu pada menit ke-17. Serangan bertubi-tubi Peru akhirnya membuahkan hasil.

Berawal dari umpan silang lambung Joao Grimaldo langsung disambut sundulan keras Yotun. Kiper Rafael Romo yang sudah mati langkah hanya pasrah jala gawangnya bergetar.

Unggul 1-0 membuat Peru lebih dekat untuk mewujudkan target mereka meraih kemenangan pertama di kualifikasi. Hanya saja, gol Peru itu membawa Venezuela merespons cepat.

Mereka langsung mengambil alih penguasaan bola dan membangun serangan demi menyamakan kedudukan. Kesempatan pertama mereka lahir pada menit ke-25. Namun, kemelut di depan gawang Peru tak berhasil dimaksimalkan Salomon Rondon.

Melihat aksi Venezuela yang kian mengancam, Peru tak berdiam diri. Serangan balik menjadi senjata mereka untuk balik menekan tim tamu.

Bahkan, salah satu serangan balik La Bicolor nyaris berbuah gol kedua. Grimaldo yang berhasil melewati Wilker Angel melepaskan tembakan dari jarak dekat pada menit ke-36. Namun, sepakan itu berhasil diblok kiper.

Setelah itu, kedua tim silih berganti menekan, tapi tak ada gol tercipta hingga turun minum.

Pada babak kedua, Venezuela justru tampil trengginas. Akselereasi Darwin Machis dari sisi kiri pertahanan Peru pada menit ke-54 berujung umpan cut-back.

Jefferson Savarino berhasil menyontek bola di mulut gawang Peru dan mengubah skor menjadi seri 1-1.

Tak ingin pupus harapan, Peru kembali keluar menyerang demi tiga poin. Satu peluang lahir lewat tendangan jarak jauh Lapadula pada menit ke-64.

Dia melihat kiper Venezuela sudah berdiri jauh dari gawang. Tendangan Lapadula sebetulnya tepat sasaran, tapi Rafael Romo masih bisa mengejar bola lob itu dan menghalaunya.

Pada 15 menit jelang bubaran justru Peru yang banyak mendapat tekanan. Venezuela tercatat dua kali mendapat peluang emas.

Pertama, aksi Junior Moreno melepas tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis kiper Pedro Gallese.

Kedua, kemelut di depan gawang Peru gagal dimaksimalkan Andre Carrillo menjadi gol.

Skor 1-1 bertahan hingga laga kelar. Dengan hasil ini, Peru gagal meraih asa kemenangan perdana kualifikasi.

Mereka masih tertahan di dasar klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol dengan dua poin dari hasil dua seri dan empat kekalahan.