Piala Dunia U-17 2023 Ramah Penonton Disabilitas
Piala Dunia U-17 2023 mempermudah akses penonton disabilitas (dok. LOC WCU17).

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia sukses membuat perhelatan Piala Dunia U-17 2023 meriah dan mempertahankan inklusivitas penonton. Semoa golongan masyarakat bisa menyaksikan, termasuk para penonton disabilitas.

Local Organizer Committee (LOC) FIFA World Cup U-17 bersama Pemerintah Daerah dari masing-masing tuan rumah memang memberi ruang yang ramah buat penonton disabilitas.

Tengok saja di Stadion Jalak Harupat Bandung. Andri Yeni, ibu dari penyandang disabilitas sekaligus atlet cabang olahraga boccia, Muhammad Fadhil, mengaku senang dan bangga dapat ikut menyaksikan pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 secara langsung.

Dia menyampaikan kedatangannya kali ini ialah pengalaman paling berkesan karena pertama kali menonton Piala Dunia U-17 di stadion.

Sebagai penyandang disabilitas ia merasa nyaman menyaksikan pertandingan. Akses buat masuk ke area penonton berkebutuhan dibuat sesederhana mungkin oleh LOC. Tak hanya itu, urusan transportasi menuju lokasi stadion juga dipermudah.

“Saya antusias sekali bisa hadir di stadion. Dengan keterbatasan anak saya, kami berdua bisa juga merasakan euforia event kelas internasional di negara kita secara langsung seperti masyarakat lainnya.”

“Fadhil senang sekali karena dia menjagokan Jepang U-17. Tim jagoannya berhasil lolos ke babak 16 besar. Sukses terus untuk Indonesia,” kata Andri Yeni.

Pemandangan seperti ini harus menjadi perhatian. Bahkan, bisa menjadi pelajaran ke depannya untuk diterapkan di level lokal.

Tak hanya PSSI dan operator penyelenggara liga, semua stakeholder juga harus terlibat, seperti pemerintah agar kenyamanan dan akses buat para penonton disabilitas tersedia dengan baik di pertandingan lokal.