Barcelona vs  Celta Vigo, Jaga Momentum di Camp Nou
Lamine Yamal bersaing untuk mendapatkan tempat di starting XI sebagai pemain sayap kanan. (foto: twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA -Barcelona akan berusaha meraih kemenangan keenam berturut-turut di semua kompetisi saat melanjutkan La Liga di Stadion Camp Nou. Meladeni Celta Vigo pada Sabtu, 23 September, tim asuhan Xavi ini berbekal 13 poin dari lima pertandingan pertama musim ini.

Mereka sementara duduk di posisi kedua dalam klasemen, terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Real Madrid. Sementara itu, Celta Vigo berada di posisi ke-16 dengan hanya mengumpulkan empat poin dari lima pertandingan awal mereka dalam awal musim yang kurang memuaskan bagi si tamu.

Barcelona memulai musim Liga baru dengan hasil imbang 0-0 melawan Getafe yang dianggap kurang memuaskan.  Namun tim Catalan tersebut tidak melepaskan kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Mereka berhasil mengalahkan Cadiz, Villarreal, Osasuna, dan Real Betis dalam empat pertandingan terakhir di La Liga.

Barcelona mencukur Real Betis, 5-0 dalam pertandingan terakhir mereka di La Liga. Bahkan mengulangi kemenangan dengan skor yang sama di Liga Champions pada Selasa, 19 September saat menekuk Royal Antwerp di Camp Nou.

Tim Catalan ini akan menghadapi tiga pertandingan Liga melawan Celta, Mallorca, dan Sevilla sebelum melanjutkan ke FC Porto untuk pertandingan kedua mereka di fase grup Liga Champions. Saat ini, sulit untuk melihat dari mana kekalahan pertama Barca musim ini akan datang.

Joao Felix dan Joao Cancelo, yang bergabung di hari terakhir bursa transfer, telah beradaptasi dengan baik di Barcelona, dan skuad Xavi terlihat lebih siap menghadapi musim yang padat ini.

Musim lalu Barcelona mengalahkan Celta 1-0 di Camp Nou. Namun Celta sukses membalas 2-1 di pertandingan balik di Vigo pada akhir musim 2022-23.

Start Buruk Celta

Hanya kali ini ini Celta mengalami kesulitan dalam start awal musim. Mereka hanya mengumpulkan empat poin dari lima pertandingan pertama, sehingga berada di posisi ke-16 klasemen. Rafael Benitez hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan pertama musim ini dan menelan kekalahan di kandang melawan Osasuna dan Real Madrid.

Celta memang berhasil meraih tiga poin saat bermain tandang melawan Almeria sebelum jeda internasional. Hanya saja mereka kalah 1-0 dari Mallorca pada akhir pekan lalu. Kini mereka harus menghadapi Barcelona yang sedang dalam performa bagus.

Celta hanya mencetak empat gol di La Liga musim ini, dan penyerang utama mereka, Iago Aspas, yang berusia 36 tahun, belum mencetak gol dalam musim 2023-24.

Menilik kedalaman skuad, Barcelona masih akan kehilangan jasa Pedri karena masalah cedera paha. Namun Ronald Araujo mungkin akan kembali ke skuad karena mendekati pemulihan penuh pasca cedera hamstring.

Pelatih Xavi menghadapi keputusan sulit terkait pemilihan timnya, terutama di lini serang, dengan adanya Raphinha, Ferran Torres, dan Lamine Yamal bersaing untuk mendapatkan tempat di starting XI sebagai pemain sayap kanan.

Joao Felix, yang memamerkan kemampuan mencetak golnya seperti saat mencetak dua gol melawan Antwerp, diperkirakan akan tetap bermain di sisi kiri. Alejandro Balde, yang baru saja menandatangani kontrak baru, kemungkinan akan tampil sebagai bek kiri.

Skuad Celta juga dalam kondisi baik, kecuali Franco Cervi yang sedang masa pemulihan dari cedera otot. Pelatih Celta, Rafael Benitez, kemungkinan tidak akan melakukan perubahan signifikan setelah kekalahan mereka dari Mallorca, meskipun Tasos Douvikas bisa bersaing untuk mendapatkan tempat di starting lineup bersama Iago Aspas.

Jonathan Bamba dan Lucas de la Torre diharapkan akan tetap memegang peran mereka di starting lineup.

Prakiraan Pemain

Barcelona:

Ter Stegen; Cancelo, Kounde, Christensen, Balde; Gundogan, F de Jong, Gavi; Yamal, Lewandowski, Felix

Celta Vigo:

Villar; U Nunez, Starfelt, Dominguez; Mingueza, Beltran, De la Torre, Ristic; Douvikas, Aspas, Bamba