Bagikan:

JAKARTA — Pelatih Barcelona Xavi Hernandez digelayuti frustasi dengan performa timnya belakangan ini. Padahal saat ini mereka menduduki puncak klasemen La Liga Spanyol 2022/2023.

Pelatih 42 tahun itu mengantar timnya kembali ke puncak klasemen La Liga setelah kemenangan 1-0 atas Celta Vigo di pekan kedelapan La Liga Spanyol di Camp Nou, Senin, 10 Oktober dini hari WIB. Gol semata wayang itu dicetak Pedri.

Meski demikian, Xavi belum puas dengan performa anak asuhnya. Terlebih mereka harus bersiap menyambut dua laga besar berikutnya melawan Inter Milan dan Real Madrid.

"Kami harus berkembang. Kami harus kritis terhadap diri kami sendiri. Babak kedua tidak berjalan baik mendorong dan memberikan tekanan kepada mereka," ujar Xavi usai laga kontra Celta, dilansir Football Espana.

Hasil itu sebenarnya membuat Barcelona belum terkalahkan di liga sejauh ini dan sukses menduduki posisi teratas dengan koleksi 22 poin. Mereka hanya unggul selisih gol dari Real Madrid di tempat kedua.

Akan tetapi, Blaugrana mengalami penurunan dalam produktivitas gol. Di pekan sebelumnya ketika melawan Mallorca, mereka juga cuma menang melalui gol tunggal yang dicetak Robert Lewandowski.

"Secara psikologis kami mengalami penurunan dan berakhir dengan dua tiga peluang yang gagal. Hari ini kami tidak nyaman, tapi tanpa berada dalam kondisi tidak baik-baik pun, Anda harus memainkan laga seperti ini," ujar Xavi.

"Tiga pekan lalu kami berada di atas angin, tetapi sekarang tidak. Anda harus memainkan pertandingan ini bahkan jika Anda tidak bermain dengan baik," ia menambahkan.

Selanjutnya Xavi akan memimpin skuadnya menghadapi Inter Milan di lanjutan fase grup Liga Champions Eropa di Camp Nou, Kamis, 13 Oktober nanti. Tiga hari pasca laga itu, mereka akan ditunggu Real Madrid di laga El Clasico di Santiago Bernabeu.