Bermain di Daratan Tinggi, Timnas Argentina Harus Bawa Tabung Oksigen untuk Lawan Bolivia
Skuad tim nasional Argentina akan memainkan laga Kualifikasi Piala Dunia melawan Bolivia/INSTAGRAM

Bagikan:

JAKARTA – Pemain tim nasional Argentina harus membawa tabung oksigen untuk mengatasi ketinggian ekstrim saat menghadapi Bolivia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Para bintang pemenang Piala Dunia 2022 itu dijadwalkan akan menghadapi timnas Bolivia di Stadion Hernando Siles pada Rabu, 13 September dini hari besok.

Stadion yang terletak di wilayah La Paz ini jelas akan memberikan tantangan yang berbeda bagi skuad Argentina. Pasalnya, lokasi ini berada di ketinggian 11.932 kaki (sekitar 3,6 kilometer) di atas permukaan laut.

Ketinggian yang cukup ekstrim tersebut membuat para pemain bisa kesulitan dengan pernapasan mereka. Oleh karena itu, mereka harus membawa tabung oksigen untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Berada di ketinggian lebih dari 6000 kaki di atas permukaan laut dapat menyebabkan sesak napas, pusing, dan sakit kepala. Untuk itu, tabung oksigen dipakai untuk memastikan kondisi dari masing-masing mereka tetap aman.

Salah satu yang terlihat membawa tabung oksigen genggam adalah bintang Liverpool, Alexis Mac Allister. Foto dirinya saat menggunakan tabung tersebut pun dia unggah ke media sosial.

Tim nasional Argentina bukanlah satu-satunya pengunjung stadion milik Bolivia yang terpaksa harus menggunakan tabung oksigen. Pada 2017 lalu skuad Brasil juga mengalami hal yang serupa.

Untuk timnas Argentina, masalah ketinggian ini membuat bintang mereka Lionel Messi kemungkinan dikeluarkan dari tim inti. Sang bintang Inter Miami itu sebelumnya dicadangkan saat Argentina menang 1-0 atas Ekuador pekan lalu.

Sang pelatih Lionel Scaloni pun sepertinya merasa tidak yakin untuk memainkan mantan pemain Barcelona tersebut saat mereka tampil di atas ketinggian ekstrim seperti itu.

"Leo merasa lelah beberapa hari yang lalu dan meminta untuk diganti. Namun, kami tidak perlu berbicara dengannya sebelum pertandingan. Kita lihat saja perkembangannya," ujar Scaloni menjelang laga melawan Bolivia.