Bagikan:

JAKARTA – Bintang Juventus Paul Pogba mendapat larangan bermain sepak bola untuk sementara waktu setelah sang gelandang dilaporkan gagal dalam tes doping.

Pengadilan anti-doping nasional Italia (NADO) mengonfirmasi kadar testosteron di dalam tubuh Pogba sangat tinggi setelah dia menjalani tes usai Juventus menang 3-0 atas Udinese di laga pertama Serie A Italia musim ini pada 20 Agustus lalu.

Sang pemain sendiri belum berkomentar soal ini. Namun, jika terbukti positif menggunakan doping maka Pogba berpotensi menghadapi hukuman serius empat tahun tidak boleh bermain bola.

"Juventus mengumumkan bahwa hari ini, 11 September 2023, pesepak bola Paul Labile Pogba menerima perintah skorsing dari Pengadilan Anti-Doping Nasional menyusul hasil tes yang dilakukan pada 20 Agustus 2023," demikian bunyi pernyataan Juventus, dilansir BBC Sport.

Testosteron adalah hormon yang meningkatkan daya tahan tubuh para atlet. Pogba berikan waktu selama tiga hari untuk memberikan analisis tandingan atas hasil tesnya tersebut kepada NADO.

Rafaela Pimenta selaku agen dari Pogba mengatakan bahwa pihak mereka saat ini sedang melakukan analisis atas kasus bersangkutan. Oleh karena itu, ia pun menolak berbicara banyak.

"Kami sedang menunggu hasil analisis dan kami tidak bisa mengatakan apa-apa sekarang," kata dia dikutip dari The Sun.

Juventus mengontrak kembali Pogba dengan kontrak empat tahun pada Juli 2022 setelah sang pemain habis masa kontraknya di Manchester United dan hengkang sebagai pemain bebas transfer.

Namun, Pogba mulai dihantui oleh masalah cedera yang terus-menerus setelah dirinya kembali ke Turin. Masalah tersebut membuatnya absen di Piala Dunia tahun lalu di Qatar.

Pogba total telah bermain selama 51 menit sebagai pemain pengganti pada musim ini. Jam terbang itu dia catatkan saat Si Nyonya Tua menghadapi Bologna dan Empoli.

Musim lalu, Pogba mencatatkan 108 menit dalam enam laga Serie A, tiga penampilan singkat dan satu assist di Europa League, serta 11 menit di Coppa Italia. Secara total dia bermain selama 162 menit tanpa mencetak gol.

Masalah cedera Pogba muncul kembali baru-baru ini. Pelatih Juventus Massimo Allegri mengonfirmasi sang pemain mengalami masalah kecil pada punggungnya setelah tampil melawan Empoli.