Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, membantah kabar nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan ditentukan seusai kualifikasi Piala Asia U-23. Dia menyebut, kontrak Shin masih akan berlanjut hingga Juni 2024.

Namun, ada kemungkinan kontrak Shin akan berakhir lebih cepat. Penentuannya baru terjadi saat Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023 di Qatar.

"Kan coach Shin Tae-yong punya komitmen kerja sama (dengan Timnas Indonesia) sampai Juni 2024. Jadi berdasarkan itu, penilaian saya (terkait kinerjanya) nanti di Qatar yang (saat Piala Asia 2023) senior," kata Erick Thohir di Stadion Madya, Senayan pada Jumat, 8 September.

Sejatinya kontrak awal Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia berakhir pada Desember 2023. Akan tetapi, eks pelatih timnas Korea Selatan itu masih diminta menukangi Skuad Garuda dalam ajang Piala Asia 2023.

Agenda itu dijadwalkan bergulir awal tahun depan di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Berdasarkan hasil drawing yang digelar di Qatar pada pertengahan Mei lalu, Indonesia sudah dipastikan masuk dalam grup D.

Skuad Garuda bakal dipastikan berjuang keras sejak fase grup dalam kompetisi tersebut. Pasalnya, Timnas Indonesia tergabung dalam grup yang sama dengan negara-negara sekelas Jepang, Irak, serta Vietnam.

Jika melihat kekuatan rival-rival Skuad Garuda di Piala Asia, anak-anak asuh Shin Tae-yong menjadi tim dengan ranking FIFA terendah di Grup D.

Piala Asia 2023 akan menjadi kali kelima Indonesia mengikuti kompetisi sepak bola internasional paling bergengsi di Asia dan yang pertama kalinya sejak 2007. Sepanjang sejarah keikutsertaannya, Garuda sama sekali belum pernah melaju lebih jauh dari fase grup.

Selain agenda berat itu, sang pelatih juga disibukkan dengan agenda kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dihelat di Solo. Ia dan anak-anak asuhnya diberi tanggung jawab besar untuk lolos ke putaran final di Qatar demi memperbesar peluang tampil dalam Olimpiade.