Dampak Positif di Inter Miami Bukti Pendewasaan Lionel Messi
Pemain Inter Miami, Lionel Messi. (Foto: Twitter/@InterMiamiFC)

Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran Lionel Messi di Inter Miami terus memberikan dampak positif. Sang pelatih, Gerardo 'Tata' Martino, mengakui sikap kepemimpinan La Pulga begitu nyata sama.

Bahkan, dia menyebut Messi tampil seperti saat dia membela timnas Argentina di Piala Dunia.

"Apa yang ia lakukan di sini kurang lebih mirip dengan yang kita lihat di Piala Dunia bersama Argentina. Kepemimpinan Leo di dalam dan luar lapangan tampak menonjol selama beberapa tahun terakhir," ujar Tata dikutip dari ESPN, Jumat 11 Agustus.

"Saya memikirkan apa yang ia lakukan di Piala Dunia sebab hal itu mencerminkan sikap kepemimpinan yang ia punya," lanjutnya.

Menurut Tata, sosok Messi terus berkembang dan tumbuh menjadi seorang yang semakin baik dan berwibawa. Hal itu disampaikan berdasarkan pengalaman.

Sebab sebelum bekerja sama di Inter Miami, Tata pernah melatih Messi di Barcelona dan Argentina.

"Sungguh berbeda dari tahun-tahun pertama kariernya ketika ia hanya memimpin dari sisi sepak bola. Hari ini ia masih memiliki dampak di lapangan, namun juga saat latihan, saat berbicara dengan para pemain muda, dalam cara menjalankan ide untuk tim," lanjut Tata.

"Saat dia datang, dia bilang, 'Saya kesini untuk bersaing dan menang.' Saya rasa gol keempat (ke gawang Dallas) adalah contoh bagus. Ia merayakan gol tersebut, namun di saat yang sama bilang, 'Ayo cepat ambil bolanya, mari kita coba cetak gol kelima.'"

"Sikap itu mencerminkan mentalitasnya, dan tentu saja, itu adalah hal yang menular pada semua orang," tambah Tata lagi.

Messi datang ke Inter Miami bukan cuma menunjukan bagaimana pendewasaan dirinya bekerja. Ia juga tampil dengan kemampuannya yang terus meningkat meski usianya tak lagi muda.

Bersama Inter Miami, Messi bahkan sudah mencetak tujuh gol dan satu assist di ajang Leagues Cup 2023 yang kemudian membawa mereka menembus perempatfinal. Selanjutnya Inter Miami akan berjumpa Charlotte FC pada Sabtu, 12 Agustus pukul 07.30 WIB.