Bagikan:

JAKARTA – Pemain asal Spanyol sekaligus mantan bintang Manchester City, David Silva, memutuskan gantung sepatu. Ia mengakhiri karier sepak bola karena mengalami cedera ligamen lutut anterior (ACL).

Cedera serius itu didapat Silva, 37 tahun, saat menjalani latihan pramusim dengan klubnya Real Sociedad. Cedera di bagian lutut kirinya itu sudah didapat sejak awal bulan ini.

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan buat saya," kata Silva dalam sebuah potongan video yang diunggah di media sosial seperti dikutip oleh BBC Sport.

Silva menghabiskan satu dekade yang sukses bersama City sebelum gantung sepatu. Selama bersama The Citizen, dia memenangi empat gelar Liga Premier.

Dia lalu pindah ke Real Sociedad pada tahun 2020 lalu. Namun, cedera memaksanya untuk menutup kariernya yang sukses selama 19 tahun di sepak bola

"Sekarang adalah waktunya mengucapkan selamat tinggal kepada sesuatu yang saya dedikasikan sepanjang hidup saya. Hari ini saya juga mengucapkan selamat tinggal kepada kolega saya, yang seperti keluarga bagi saya. Saya akan sangat merindukan kalian," ia melanjutkan.

Mantan pemain internasional Spanyol itu bergabung dengan City dari Valencia pada 2010 lalu. Selama raksasa Inggris itu dia membuat 436 penampilan dan mencetak 77 gol.

Selain empat gelar Premier League, Silva juga membantu City memenangkan dua Piala FA dan lima Piala Liga. Berkat kontribusi itu, klub mendirikan patungnya dan diresmikan pada 2021 lalu.

Patung tersebut didirikan di samping legenda klub lainnya yakni Vincent Kompany dan Sergio Aguero.

Silva pensiun dari tugas tim nasional Spanyol pada 2018 silam setelah membantu La Furia Roja memenangkan Piala Dunia 2010 dan gelar Euro 2008 dan 2012. Total Silva membuat 125 penampilan bersama Spanyol dan membukukan 35 gol.

Silva sejatinya masih punya sisa setahun kontrak dengan Real Sociedad. Dia juga berperan besar mengantarkan La Real finis empat besar dan lolos ke Liga Champions Eropa. Sejak gabung pada 2020, Silva bikin tujuh gol dan 18 assist dari 93 laga di seluruh kompetisi.