Bagikan:

YOGYAKARTA - Risiko cedera bisa terjadi di semua jenis olahraga, termasuk dalam sepak bola. Ada beberapa cedera yang sering dialami pemain sepak bola. Cedera pada pemain sepak bola biasanya terjadi karena adanya benturan dengan pemain lawan dan salah gerakan. 

Cedera dalam olahraga sepak bola bisa dialami di berbagai anggota tubuh pemain. Cedera bisa menimpa kaki, tangan, hingga kepala, namun yang paling sering terjadi pada kaki. Kondisi cedera akan merepotkan pemain itu sendiri hingga klub yang ia bela. 

Apabila pemain cedera, terpaksa ia harus absen dari laga pertandingan. Apalagi jika pemain tersebut mengalami cedera parah maka ia harus absen selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan lamanya. Lantas apa saja cedera yang sering dialami pemain sepak bola?

Cedera yang Sering Dialami Pemain Sepak Bola

Risiko cedera dalam sepak bola bisa menimpa pemain siapapun, baik itu posisinya striker, gelandang, bek, hingga kiper. Berikut ini beberapa cedera yang sering terjadi dalam pertandingan sepak bola.

Cedera Hamstring

Salah satu jenis cedera yang kerap dialami pemain sepak bola adalah cedera hamstring. Cedera ini terjadi di otot hamstring atau otot belakang paha. Posisi otot ini berada di bagian bawah bokong yang membentang sampai ke belakang lutut. 

Saat mengalami cedera hamstring, pemain akan merasakan nyeri tajam yang muncul tiba-tiba di sekitar belakang paha. Nyeri akan semakin terasa saat pemain berlari, melakukan tendangan tinggi, hingga saat peregangan. 

Cedera Ligamen Lutut

Pemain sepak bola juga kerap mengalami cedera ligamen lutut. Cedera ini terjadi di bagian lutut. Cedera ini menjadi yang paling sering terjadi karena lutut adalah bagian yang paling dominan bekerja saat bermain sepak bola. 

Gerakan yang spontan dan eksplosif bisa menimbulkan tekanan rotasional yang ekstrem di bagian lutut serta ligamen yang menjadi penolongnya. Apabila tekanan melebihi batasan ligamen, maka pemain bisa mengalami keseleo hingga robekan pada sendi lutut. 

Cedera Sprain

Jenis cedera lainnya yang sering menimpa pemain sepak bola adalah cedera sprain. Cedera ini dikenal dengan kondisi terkilir atau keseleo. Sprain injuries terjadi pada bagian ligamen, yaitu jaringan ikat yang menghubungkan antara sendi dan tulang. 

Cedera sprain biasanya terjadi akibat hantaman antar pemain. Selain itu, cedera ini juga bisa disebabkan oleh salah gerakan lari dan salah posisi saat pendaratan. Cedera ini biasa terjadi pada sisi luar pergelangan kaki saat posisi telapak kaki bergerak tiba-tiba ke arah luar atau ke dalam. 

Cedera Rotator Cuff

Cedera rotator cuff juga sering dialami oleh pemain sepak bola. Cedera ini terjadi pada otot atau tendon yang mengelilingi sendi bahu. Bagian toto dan tenton rotator cuff memiliki peran penting untuk menstabilkan sendi. 

Pemain yang mengalami cedera rotator cuff akan merasakan nyeri yang muncul tiba-tiba di bagian bahu. Sejumlah pemain bahkan akan mengalami sensasi robek hingga rasa nyeri parah yang menjalar hingga lengan. 

Cedera Kepala

Selain bagian kaki, pemain bola juga kerap mengalami cedera di kepala. Kepala juga berisiko terkena cedera karena digunakan untuk menyundul bola. Cedera kepala biasanya terjadi karena kecelakaan, seperti benturan dengan kepala pemain lawan, terkena tiang gawang, membentur tanah, hingga terkena sepakan kaki yang terlalu tinggi. 

Cedera kepala termasuk ke dalam jenis cedera yang berbahaya. Cedera bisa mengakibatkan pemain bola mengalami gegar otak, keretakan tulang kerongkongan, hingga melukai mata. 

Tendinitis Achilles

Cedera tendinitis achilles juga biasa terjadi pada pemain sepak bola. Tendinitis achilles adalah peradangan dari tendon achilles yang menghubungkan otot betis dan tulang tumit. Cedera ini bisa menimbulkan gejala akut hingga butuh waktu penyembuhan cukup lama. 

Cedera tendinitis achilles akan membuat pemain merasa sakit di bagian tendon achilles. Bahkan cedera ini bisa membuat pemain absen bertanding dalam waktu lama. 

Demikianlah ulasan mengenai cedera yang sering dialami pemain sepak bola. Setiap pemain sepak bola tentunya tidak ingin cedera karena akan merepotkan. Cedera membuat pemain harus absen, bahkan bisa dalam waktu lama jika mengalami cedera parah. Selain itu, kondisi ini juga merepotkan timnya jika yang cedera adalah pemain andalan atau pemain inti. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.