Penyebab Cedera Hamstring Pemain Sepak Bola dan Penanganan yang Tepat
Ilustrasi cedera hamstring pemain sepak bola (Unsplash/@batch_by_whs)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Cedera hamstring banyak menimpa pemain sepak bola atau olahragawan yang banyak menggunakan otot kaki. Cedera hamstring pemain sepak bola bisa terjadi beberapa kali. Cedera ini terjadi ketika otot hamstring mengalami robekan atau tarikan. 

Hamstring merupakan otot paha bagian belakang. Terdapat tiga otot besar dalam hamstring yang menempel di bagian pinggul hingga bawah lutut. Cedera ini cukup menyiksa dan menganggu aktivitas pemain olahraga yang dominan menggunakan kaki. Otot ini berkerja untuk melakukan lari, berjalan, melompat, tendangan, dan gerakan kaki lainnya.

Waktu pemulihan cedera hamstring tergantung dari tingkat keparahannya dan cara penanganannya. Lantas apa penyebab cedera hamstring dan cara menanganinya supaya cepat pulih?

Penyebab Cedera Hamstring Pemain Sepak Bola

Kasus cedera hamstring banyak terjadi pada pemain sepak bola. Cedera ini dapat terjadi akibat peregangan otot tendon atau paha bagian belakang yang berlebihan. Kondisi ini bisa terjadi ketika melakukan gerakan secara tiba-tiba dan eksplosif seperti berlari cepat atau melompat. 

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya cedera hamstring

  • Tidak melakukan pemanasan dan peregangan sebelum memulai olahraga 
  • Memaksa bergerak atau berolahraga ketika kondisi tubuh sudah lelah dan lemas
  • Otot yang kaku atau memiliki kelenturan otot yang buruk
  • Otot hamstring lemah
  • Otot hamstring yang telah lemah akibat usia

Penanganan Awal Cedera Hamstring Pemain Sepak Bola

Cedera hamstring yang parah bisa menyebabkan pemain sepak bola harus istirahat atau absen bermain. Kondisi inilah yang biasanya sangat disesalkan oleh pemain sepak bola. Oleh karena itu cedera hamstring perlu ditangani dengan cara yang tepat.

Beristirahat

Pemain sepak bola perlu langsung beristirahat ketika mengalami cedera hamstring. Terutama mengistirahatkan bagian paha karena otot hamstring berada di paha bagian belakang. 

Jangan melakukan gerakan-gerakan yang menimbulkan beban pada kaki. Ketika cedera semakin terasa menyakitkan, pemain perlu memakai kruk dan tongkat sebagai alat bantu berjalan. 

Kompresi Paha

Pemain yang mengalami cedera hamstring juga perlu segera diberikan kompresi paha. Kompresi paha dilakukan memakai perban elastis di bagian yang sakit. Cara ini berguna untuk meminimalisir semakin memburuknya bengakakan pada hamstring.

Kompres Es

Selain itu, cedera hamstring juga bisa ditangani dengan memberikan kompres es. Kompres es pada paha akan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat cedera. Tempelkan es pada bagian paha selama 20-30 menit setiap 3-4 jam. Treatment ini perlu diberikan selama 2-3 hari hingga rasa sakit perlahan hilang.

Elevasi

Pemain yang menderita cedera hamstring juga bisa melakukan elevasi untuk memulihkannya. Elevasi dilakukan dengan mengangkat paha sampai setinggi di atas jantung. Anda bisa mengangkat paha ketika sedang berbaring atau duduk. Cara ini berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian yang cedera.

Minum obat penghilang nyeri

Cedera hamstring juga bisa ditangani menggunakan obat-obatan. Pemain yang mengalami cedera ini perlu mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti asam mefenamat atau ibuprofen. Obat ini berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian yang cedera. 

Fisioterapi Peregangan dan Penguatan 

Biasanya dokter atau ahli terapi akan meminta penderita cedera hamstring untuk melakukan latihan peregangan dan penguatan. Cara ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot hamstring. Biasanya treatmen ini dilakukan saat cedera sudah mereda.

Itulah penyebab dan cara menangani cedera hamstring pemain sepak bola. Setiap pemain sepak bola maupun olahragawan berpotensi mengalami cedera. Langkah terbaik untuk menghindari cedera adalah dengan melakukan peregangan dan pemanasan sebelum bermain. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.