Teknik Pemanasan Pemain Sepak Bola: Fix Ini Efektif Banget!
Teknik Pemanasan Pemain Sepak Bola (Gambar Ruben Leija - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemanasan sepak bola merupakan ritual pra- latihan ataupun pra- pertandingan bernilai yang berguna untuk regu serta pemain di seluruh tingkatan, dari pendatang baru sampai elite.

Dengan menghabiskan 5 belas sampai 2 puluh menit buat pemanasan sepak bola Kalian, regu Kalian bakal mengawali dengan segera serta sanggup menanggulangi kerasnya serta kecepatan panik dari sesi awal game tanpa melukai diri mereka sendiri. 

Teknik Pemanasan Pemain Sepak Bola

Peregangan untuk Pemain Sepak Bola

Pemanasan sepak bola Anda tidak boleh berupa menendang bola dengan kekuatan penuh ke arah kiper Anda. Sebagai gantinya, Anda harus mengikuti serangkaian latihan pemanasan dan peregangan sepak bola yang akan mempersiapkan semua otot Anda untuk aksi selanjutnya.

Program latihan pemanasan sepak bola yang dibangun dengan baik harus terdiri dari joging beberapa menit untuk meningkatkan detak jantung, suhu tubuh, dan meningkatkan aliran darah ke otot Anda. Ini harus diikuti dengan peregangan dinamis (peregangan saat bergerak) untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.

Bagian dari pemanasan sepak bola ini mungkin termasuk:

Berjalan menerjang

Tendangan tumit

Lutut linier terangkat

Jongkok

Peregangan betis

Langkah samping

Rotasi tulang belakang toraks

Ayunan kaki

Carioca

Di atas gerbang

Saat pemanasan sepak bola Anda berlangsung, Anda harus secara bertahap meningkatkan intensitas latihan dengan memperkenalkan sprint pendek dan latihan kaki cepat di mana Anda bergantian antara joging sejauh sepuluh meter dan dengan cepat mengambil langkah sebanyak mungkin selama sepuluh meter berikutnya. Contoh bagus lainnya yang dapat Anda perkenalkan untuk menawarkan variasi termasuk melompati, berlari zig-zag, mengocok samping, melompat, dan melompat.

Seperti Apa Pemanasan Sepak Bola yang Efektif Itu?

Permainan pemanasan sepakbola yang efektif adalah cara terbaik untuk membuat pemain tetap tertarik dan terlibat dalam proses pemanasan. Permainan pemanasan terbaik melibatkan tubuh dan pikiran, mendorong pemikiran taktis dan reaktif sambil mengasah keterampilan teknis.

Permainan pemanasan sepak bola meliputi:

Dribbling relay – Pemain menggiring bola secepat mungkin ke bawah lapangan dan kembali lagi sebelum mengoper bola ke pemain berikutnya. Anda dapat mengadu dua tim satu sama lain untuk mendorong daya saing atau menyusun serangkaian kerucut untuk slalom yang berfokus pada kontrol kecepatan.

Latihan Rondo – Latihan rondo empat lawan dua populer di kalangan pemain profesional. Keempat pemain membentuk lingkaran di sekitar dua bek, mengoper bola di antara pemain sementara bek berusaha memenangkan bola.

Melewati lingkaran – Para pemain membentuk lingkaran dengan dua pemain di bagian dalam dengan bola kaki. Pemain dalam menggiring bola dan mengoper bola ke pemain luar, yang kemudian menggiring bola ke dalam lingkaran sebelum mengoper ke pemain luar lingkaran lainnya.

Gim mini – Gim 3v3, 4v4, atau 5v5 sederhana melibatkan aksi yang memastikan pemain mendapatkan lebih banyak waktu sentuh daripada selama gim skala penuh.

Jangan lupa setelah pertandingan sepak bola atau sesi latihan Anda untuk melakukan pemanasan selama sepuluh menit. Pemanasan sepak bola harus mencakup latihan kardio dan latihan kardio intensitas rendah, gluten, hamstring, dan peregangan paha. Latihan dan peregangan ini penting untuk mengurangi risiko cedera.

Jadi setelah mengetahui teknik pemanasan pemain sepak bola, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!