Inilah Macam-Macam Taktik dan Strategi Permainan Sepak Bola
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Taktik dan strategi permainan sepak bola yang tepat sangat dibutuhkan oleh sebuah tim agar dapat memenangkan pertandingan.

Oleh sebab itu, Informasi terkait taktik, strategi dalam permainan sepak bola sangat penting untuk diketahui.

Taktik dan Strategi Permainan Sepak Bola

Dalam olahraga sepak bola, ada sejumlah taktik dan strategi yang digunakan. Berikut ini adalah ulasan lengkap seputar taktik dan strategi dalam permainan sepakbola.

Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Definisi taktik adalah siasat yang dirancang dan akan diterapkan dalam permainan oleh perorangan, kelompok maupun tim untuk memenangkan suatu pertandingan secara suportif.

Sedianya, penggunaan taktik dalam permainan sepak bola adalah suatu usaha mengembangkan kemampuan berpikir, kreativitas, serta improvisasi untuk mencari solusi ketika menghadapi suatu masalah dalam pertandingan.

Taktik yang diterapkan harus berjalan dengan efektif, efisien dan produktif agar dapat meraih hasil yang maksimal, yakni sebuah kemenangan dalam pertandingan.

Taktik dirancang dengan tujuan untuk memenangkan pertandingan dengan cara mencetak gol.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Minggu, 23 Oktober 2022, berikut jenis-jenis taktik dalam permainan sepak bola:

  1. Taktik individu/perorangan

Taktik perorangan merupakan siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mental yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam suatu pertandingan.

  1. Taktik Beregu/Grup

Taktik beregu didefinisikan sebagai sebuah siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untuk mencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandingan.

  1. Taktik Kolektif/Tim

Taktik kolektif adalah siasat yang dijalankan oleh sebuah regu/tim dalam menjalin kerja sama untuk mendapatkan kemenangan dalam suatu pertandingan.

  1. Taktik Bertahan

Taktik bertahan adalah suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, ataupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.

  1. Taktik Menyerang

Sebaliknya, taktik menyerang adalah siasat yang dijalankan oleh perorongan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

Strategi dalam Permainan Sepak Bola

Sementara Strategi adaah sebuah siasat yang dirancang tim di luar lapangan sebelum pertandingan berlangsung atau turun minum. Strategi biasanya dibuat oleh pelatih untuk menjalankan rencana agar dapat memenangkan pertandingan secara sportif.

Strategi pada dasarnya mengacu pada upaya dan gerakan-gerakan yang diperlukan dalam suatu pertandingan.

Kedudukan strategi dalam permainan sepak bola adalah sebagai pendukung taktik. Meski berbeda, dalam pelaksanaanya, taktik dan strategi saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain.

Adapun jenis-jenis strategi adalah sebagai berikut:

  1. Strategi Penyerangan

Strategi penyerangan adalah siasat atau rencana yang dijalankan oleh individu, kelompok, dan tim dalam melaksanakan taktik-taktik tertentu guna masuk di lini pertahanan dan membobol gawang lawan.

  1. Strategi Pertahanan

Untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan, setiap tim juga menerapkan strategi pertahanan. Strategi ini dijalankan secara individual, unit maupun tim secara keseluruhan dengan menerapkan beberapa teknik dan taktik pertahanan.

Strategi pertahanan dibedakan menjadi tiga macam, yakni:

  • Menjaga lawan satu per satu (man to man defence)
  • Penjagaan daerah (zone marking)
  • Penjagaan gabungan (union marking).

Sedangkan menurut sistem permainan, ada strategi 3 pemain belakang, 4 pemain belakang, atau sistem libero.

Demikian informasi seputar taktik dan strategi permainan sepak bola. Semoga bermanfaat!