Formasi dalam Permainan Sepak Bola: Pemula Wajib Tahu!
Formasi Dalam Permainan Sepak Bola (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jika Anda seorang penonton tanpa pemahaman yang mendalam tentang sepak bola, Anda mungkin menemukan satu-satunya bagian yang menarik adalah dribel yang mempesona atau saat bola terbang ke gawang bisa disebut formasi dalam permainan sepak bola. Beberapa pencela menertawakan fakta bahwa olahraga ini berkisah tentang 22 pria dewasa yang mengejar satu bola di lapangan sepak bola. 

Tapi sebenarnya ada lebih banyak sepak bola dari itu. Dan salah satu cara untuk lebih menghargai dan memahami permainan baik sebagai penonton atau pemain, adalah dengan memahami formasi umum sepak bola dan mengapa mereka digunakan.

Apa Itu Formasi Dalam Permainan Sepak Bola?

Formasi sepak bola biasanya diatur oleh manajer atau pelatih tim sehingga pemain dalam tim bertindak secara terorganisir dan mengetahui peran dan posisi mereka dalam tim. Bagaimanapun juga, sepak bola adalah permainan tim, jadi jika tim berfungsi sebagai satu kesatuan yang kohesif dengan rencana bersama dan pemahaman tentang taktik tim, mereka akan memiliki keunggulan signifikan atas tim yang tidak mampu melakukannya.

Penting untuk memiliki formasi terstruktur, untuk memaksimalkan efisiensi dan peluang untuk sukses. Formasi sepak bola yang digunakan selalu ditentukan oleh kekuatan dan kelemahan pemain dalam tim tertentu. Di luar alasan sederhana untuk memiliki formasi, formasi ini juga mewakili ide, atau "gaya" tim.

Bagaimana Anda membaca formasi sepak bola?

Formasi sepak bola ditulis dan dirumuskan dalam urutan pemain bertahan hingga pemain depan. Jadi "4-4-2" berarti 4 bek, 4 gelandang, dan 2 penyerang. “4-5-1” berarti 4 bek, 5 gelandang dan 1 penyerang dan seterusnya.

Dalam sepak bola, formasi bisa sangat bervariasi dan beragam. Sebagai contoh. formasi 4-4-2 yang sama akan berfungsi sangat berbeda dalam gaya menyerang dan bertahan. Demi kesederhanaan, saya hanya akan membahas tiga formasi paling umum tanpa variasinya.

Formasi 4-4-2

Contoh formasi sepak bola yang paling terkenal adalah 4-4-2. Ini mengacu pada:

Empat pemain bertahan

Empat gelandang

Dua penyerang

Namun, jika salah satu bek didorong ke posisi gelandang selama pertandingan, maka tim tersebut akan bermain dalam formasi 3-5-2.

Formasi lain dapat digambarkan dengan tiga angka, meskipun formasi bernomor empat (misalnya 4-4-1-1) dan kadang-kadang bernomor lima (misalnya 4-3-1-1-1) juga dapat digunakan. Ini benar-benar hanya sedikit variasi pada formasi bernomor tiga.

Setelah menjelaskan pengaturan 4-4-2, kami telah menyusun daftar beberapa formasi lain yang paling umum untuk membantu Anda memahami pendekatan taktis yang tersedia untuk tim:

Formasi Berlian

Ini adalah contoh formasi 4-4-2, tetapi melibatkan salah satu dari dua gelandang tengah yang bermain di posisi yang lebih maju dan yang lain bermain di posisi yang lebih mundur. Jika Anda menggambar garis diagonal yang menghubungkan keempat gelandang itu, itu akan membuat bentuk berlian, itulah namanya!

Formasi 4-3-3

Ini adalah formasi yang relatif menyerang yang mempekerjakan tiga pemain dalam peran yang lebih maju. Formasi 4-3-3 sering melibatkan penggunaan dua pemain sayap dan seorang striker di posisi depan. Tidak banyak tim yang menggunakan formasi ini sejak awal permainan, meskipun mereka mungkin sering beralih ke formasi ini jika mereka kalah dan sangat membutuhkan gol!

Formasi 5-3-2

Sebuah formasi defensif di mana ada tiga bek tengah dan dua bek sayap yang beroperasi di pertahanan. Para bek sayap kemudian diharapkan untuk melakukan tugas menyerang dan bertahan. Formasi ini bisa menyerang atau ultra-defensif tergantung pada ambisi para bek sayap.

Formasi 4-5-1

Sering dikatakan bahwa banyak pertandingan sepak bola menang atau kalah dalam pertempuran lini tengah. 4-5-1 melihat lima gelandang beroperasi dalam upaya untuk menang dan menjaga penguasaan bola di lini tengah, sementara hanya satu striker yang dipekerjakan di depan. Taktik ini sering digunakan jika salah satu pihak memiliki keunggulan dan berusaha menahan lawan dan mencegah mereka kembali ke permainan.

Formasi Pohon Natal (4-3-2-1)

Ini adalah variasi lain dari formasi 4-4-2. Jika Anda membayangkannya, 4-3-2-1 memiliki empat bek, tiga gelandang, dan dua penyerang kreatif yang bermain tepat di belakang striker paling depan – jadi dengan sedikit imajinasi, itu membentuk bentuk pohon Natal!

Formasi 4-4-1-1

Variasi lain dari 4-4-2 menggunakan empat bek, empat gelandang, dan satu striker bermain di area di depan lini tengah tetapi sedikit di belakang striker paling depan – yang dikenal sebagai 'in the hole'.

Jadi setelah mengetahui formasi dalam permainan sepak bola, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!