Peraturan Permainan Futsal yang Secara Umum Diterapkan dalam Pertandingan
Ilustrasi Futsal (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Peraturan permainan futsal penting untuk diketahui untuk mengatur jalannya pertandingan. Aturan sepak bola futsal mencakup banyak hal, mulai dari jumlah pemain, waktu pertandingan, hingga spesifikasi lapangan.

Peraturan Permainan Futsal

Patut diketahui bahwa aturan futsal dan sepak bola lapangan berbeda. Ada beberapa penyesuaian yang dilakukan pada permainan futsal. Berikut rangkuman aturan yang diterapkan pada permainan futsal.

  1. Jumlah Pemain Futsal

Futsal dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim terdiri dari lima orang pemain dan salah satunya penjaga gawang. Pemain pengganti pada futsal maksimal sembilan orang. Pemain pengganti bisa masuk ke lapangan mengganti pemain inti tanpa persetujuan wasit.

  1. Jumlah Wasit

Wasit dalam permainan futsal berjumlah dua orang dan masing-masing memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan aturan pertandingan.

  1. Durasi Pertandingan

Satu pertandingan memilikidua babak dengan durasi masing-masing 20 menit. Waktu bisa diperpanjang khusus untuk tendangan penalti.

  1. Kick Off

Kick Off diundi dengan koin yang dipandu oleh salah satu wasit. Saat pertandingan dimulai, pemain boleh langsung menenda bola saat kick off. Akan tetapi bola harus disentuh oleh pemain lain baru boleh ditendang. Kick Off bisa dimulai lagi setelah salah satu tim berhasil mencetak gol.

  1. Kick In

Berbeda dengan aturan dalam sepak bola besar, kick in dalam permainan futsal tidak boleh dilempar namun ditendang ke arah lapangan.

  1. Tendangan Bebas

Tendangan bebas bisa dilakukan lewat umpan pendek dan bisa dilakukan di dalam kotak penalti. Tendangan ini akan dilakukan saat pemain melakukan pelanggaran seperti mencoba menendang atau telah menendang lawan, menyandung, melompati lawan main, menyerang lawan dengan cara yang berbahaya, memukul atau mencoba memukul dari belakang, meludahi lawan main, menahan atau mendorong lawan main, menyerang dengan bahu, sliding tackle berbahaya, dan masih banyak lagi.

  1. Tendangan Penalti

Wasit akan memberikan tendangan penalti saat terjadi pelanggaran di kotak penalti atau saat terjadi pelanggaran berat di luar kotak penalti.

  1. Kartu

Adalam futsal juga terdapat dua jenis warna kartu, yakni kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning bisa diartikan sebagai peringatan pertama. Wasit bisa mengeluarkan kartu kuning sebanyak dua kali pada masing-masing pemain. Dua kartu kuning yang diberikan wasit berarti pemain tersebut harus keluar pertandingan.

Kartu merah diberikan saat pemain dianggap melakukan pelanggaran berat. Pemain yang mendapat kartu merah harus keluar dari permainan.

  1. Tendangan Penalti

Saat tendangan penalti dilakukan, pemain lawan harus berdiri di belakang eksekutor tenangan penalti dengan jarak tak lebih dari 16 kaki dari bola. Sedangkan penendang penalti harus berjarak 20 kaki dari garis gawang. Kiper juga tidak boleh lewat dari garis gawang sebelum bola ditendang.

Aturan Penunjang Futsal

Aturan tak hanya direapkan dalam permainan saja, namun pada hal-hal yang jadi penunjang permainan seperti ukuran lapangan hingga ukuran bola futsal.

Ukuran lapangan bola futsal adalah 25 - 42 meter x lebar 15 - 25 meter. Dalam lapangan harus ada garis batas dengan lebar garis 8 cm. Garus pada lapangan meliputi garis sentuh di sisi, garis gawang, dan garis lintang di tengah lapangan. Selain itu di lingkar di tengah lapang berdiameter 6 meter.

Dalam permainan futsal, bola yang digunakan harus terbuat dari kulit atau bahan sejenis yang tidak berbahaya. Diameter bola 62-64 cm dan beratnya 390-430 gram dengan nilai pantul 55-65 cm.

Itulah informasi terkait peraturan permainan futsal. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.