Nagelsmann Usulkan Sepak Bola Tiru <i>American Football</i>, Pemain Diberi <i>Earphone</i> Supaya Dengar Instruksi Pelatih
Julian Nagelsmann (Instagram @julian.nagelsmann)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih kepala Bayern Munich Julian Nagelsmann begitu dihormati di dunia sepak bola modern. Meskipun baru berusia 34 tahun, pemahamannya tentang sepak bola telah membawanya ke salah satu pekerjaan kepelatihan terbaik di planet ini.

Untuk itu, dia tidak nyaman jika hanya berdiri diam. Dia berpikir, ada banyak hal yang perlu diguncang dalam sepak bola.

"Sepak bola harus berhenti bersembunyi di balik tradisi dan harus merevolusi dirinya sendiri," kata Nagelsmann melansir MARCA, Senin, 20 September.

Dia percaya, permainan si kulit bundar ini harus melihat ke sepak bola Amerika (American football) dan bagaimana mereka bergerak maju di abad ke-21.

"American football jauh lebih maju secara teknologi dibandingkan dengan sepak bola," tambahnya.

"The quarterback memiliki lubang suara untuk mendengarkan pelatihnya. Kami benar-benar membutuhkan sesuatu seperti itu."

Dia percaya bahwa memberikan earphone kepada pemain akan sangat bermanfaat untuk permainan.

"Sebagai pelatih sepak bola, Anda bisa mencapai banyak hal dengan hal seperti itu," dia meyakini.

Pelatih Bayern Munich ini juga menyebut, ada terlalu banyak kebisingan di stadion sehingga mengganggu komunikasi pelatih dengan pemain.

Dia juga mengeluh dengan tidak adanya 'time out' seperti di Amerika football. Meskipun saat ini di sebagian liga menerapkan aturan water break.

"Kami hanya punya waktu jeda babak pertama untuk membicarakan taktik dengan para pemain," katanya.