Bagikan:

JAKARTA - Chelsea mencantumkan 45 pemain di laman Wikipedia. Skuat gemuk Chelsea pun langsung viral. Apalagi manajer Enzo Maresca malah pusing dengan sektor pertahanan tim yang sangat rapuh selama tur pramusim.

Chelsea, sejak diambil alih duo miliuner Amerika Serikat, Todd Boehly dan Behdad Egbali, pada 2022 memang tak berhenti membeli pemain. Selama dua tahun terakhir, keduanya sudah menghabiskan duit lebih dari 1 miliar poundsterling atau tidak kurang 20,3 triliun rupiah hanya untuk membeli pemain.

Selain mendatangkan pemain, klub membawa para alumni akademi. Jadilah pemain muda berbaur dengan pemain bintang. Hasilnya ada 45 pemain yang tercantum di laman Wikipedia. Bahkan ada pemain, termasuk striker Romelu Lukaku dan kiper Kepa Arrizabalaga sampai tidak mendapat nomor punggung.

Tak heran latihan, suasana tim Chelsea sudah seperti Sekolah Sepak Bola (SSB) saking banyaknya pemain. Skuat yang sangat gemuk Chelsea pun langsung viral. Beragam komentar dari netizen pun berseliweran menanggapi skuat The Blues.

"Saya dengar mereka [Chelsea] sedang membangun ruang ganti dua lantai," ujar netizen.

Yang lain berkomentar, "Daftar jumlah pemain akan terus bertambah. Kabar buruk bagi sebagian pemain karena bakal tak punya banyak jam terbang pertandingan."

"Apakah mereka tahu kalau ini sepak bola bukan sepak bola Amerika (American football)?" kata netizen lain.

Netizen tersebut menyindir sang pemilik yang dari AS. Pasalnya di sepak bola Amerika, sebuah tim biasanya terdiri dua yaitu tim bertahan dan menyerang. Ini menjadikan skuat American football memang gemuk bila dibandingkan tim sepak bola.

Hanya saja, jumlah pemain memang bakal berkurang karena Chelsea segera menjual sebagian pemain. Gelandang Conor Gallagher bakal pindah ke Atletico Madrid. Namun setelah menjual Gallagher, Chelsea masih saja membeli pemain. Rencananya, The Blues membawa Samu Omorodion dari Atletico.

Selanjutnya, Chelsea akan melepas Lukaku ke Napoli. Namun Napoli bakal meminjam penyerang yang musim lalu dipinjam AS Roma.

Meski memiliki skuat sangat gemuk, manajer Enzo Maresca belum mendapatkan komposisi pemain terbaik. Bahkan sektor belakang masih menjadi problem. Dari lima laga di tur pramusim, gawang Chelsea bisa kebobolan hingga 12 gol.

Menurut Maresca, sektor itu merupakan problem lama Chelsea. Bahkan lini belakang belum solid selama uji coba. Terakhir, Chelsea kemasukan dua gol saat kalah 2-1 lawan Real Madrid.

"Salah satu pertemuan pertama saya dengan skuat, kami membahas gawang tim yang kebobolan banyak gol. Ini yang menjadi sorotan. Problem ini yang saya benahi," kata Maresca kepada Evening Standard.

"Kami berharap problem ini cepat teratasi. Untuk permainan ofensif, polanya sudah ada. Kami mampu menciptakan banyak peluang. Problemnya memang pada pertahanan. Saat bicara pertahanan, saya tidak mengatakan lini belakang semata tetapi secara keseluruhan, yaitu semua pemain," ucapnya.

Chelsea menutup tur pramusim dengan beruji coba melawan Inter Milan, Minggu, 11 Agustus 2024 malam WIB. Laga digelar di kandang Chelsea di Stadion Stamford Bridge.

Selanjutnya, saat memulai kompetisi Premier League Inggris, Chelsea langsung bertemu lawan tangguh sekaligus juara bertahan Manchester City. Chelsea bertindak sebagai tuan rumah di laga yang digelar Minggu, 18 Agustus 2024.