Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem hingga kini belum memberikan Surat Keputusan (SK) Rekomendasi meski sudah resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilgub Jakarta.

Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie (Gus Choi) berharap iman partainya tetap kuat untuk mendukung Anies kembali memimpin Jakarta. 

"Kita berdoa mudah-mudahan keimanannya kuat untuk tetap mendukung Anies. Untuk melawan atau menahan adanya tsunami politik," ujar Gus Choi di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Agustus. 

Gus Choi mengatakan NasDem memang belum secara tertulis menyampaikan dukungan untuk Anies. Namun, kata dia, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh sudah mendeklarasikan Anies sebagai cagub Jakarta. 

"Belum (beri rekomendasi, red). Tapi kan sudah dideklarasikan. Memang secara tertulis belum, kan biasa Pak Surya itu kan berstatement sesuai dengan realisasinya. Jadi antar ucapan dengan tindakan kan biasanya sama. Nah, kali ini apakah nanti sama, kita harapkan sama," katanya. 

Saat ditanya apakah NasDem tertarik gabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, mengingat Gerindra sudah memberi sinyal akan adanya partai lain yang bergabung, Gus Choi mengaku tidak tahu. 

"Saya enggak tahu persis. Tapi, yang saya tahu sampai hari ini NasDem sudah mendukung Mas Anies," katanya. 

Kendati demikian, Gus Choi mengakui ada isu NasDem ditawari untuk bergabung ke KIM. Sebab, NasDem sudah menyatakan untuk bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran. 

"Ya kan rumor-rumornya yang berkembang itu. Mungkin ya, saya enggak tahu persis. Wong saya enggak ikut loby, kalian ini. Bau-baunya begitu. Iya kan? Ya bau aja. Bau," pungkasnya.