Kenapa Pemain Sumo Berbadan Gemuk dan Besar Seperti Raksasa, Ternyata Ini Alasannya
Ilustrasi pemain sumo (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Olahraga sumo sangat populer di Jepang. Sumo adalah olahraga tradisional asal negeri sakura tersebut. Gulat ini mempertandingkan dua orang berbadan gemuk atau besar,  berbeda dengan olahraga lain yang biasanya petarungnya memiliki badan kekar atau berotot. Lantas kenapa pemain sumo berbadan besar?

Sumo merupakan olahraga gulat yang punya ciri khas unik yakni para pemainnya berbadan gemuk. Pemain sumo akan berduel di dalam lingkaran arena untuk saling menjatuhkan dan mendorong hingga lawannya keluar garis. Pemain yang mengalami dua hal itu akan dinyatakan kalah. Banyak yang bertanya-tanya kenapa pemain sumo berbadan gemuk?

Sejarah Sumo

Olahraga sumo memiliki sejarah panjang dalam kebudayaan Jepang. Sebelum menjadi gulat yang ditonton banyak orang, dulunya sumo adalah sebuah bentuk ritual. Ritual sumo bertujuan untuk menghormati roh-roh dalam agama Shinto. 

Ritual Sumo sudah dilakukan sejak periode Yayoi (300 SM-300M). Pada zaman itu, orang-orang yang paling kuat akan menunjukkan kekuatan mereka di hadapan roh sebagai bentuk penghormatan dan terima kasih atas panen yang baik. 

Seiring berjalannya waktu, ritual Sumo berkembang menjadi ajang untuk membandingkan kekuatan. Para petarung akan mengerahkan kekuatan mereka untuk bertanding dengan tangan kosong. 

Pada periode Edo (1603-1868), sumo menjadi turnamen resmi di Jepang. Awalnya pertandingan sumo hanya boleh diikuti kalangan elit saja. Namun saat ini sumo sudah terbuka untuk semua kalangan masyarakat. 

Seiring berjalannya waktu, turnamen sumo resmi menjadi olahraga resmi yang dilombakan. Para pemain sumo juga termasuk sebagai atlet profesional. Dalam pertandingan sumo saat ini, beberapa ritual juga masih dilestarikan. Seperti ketika pegulat menepuk tangan untuk menarik perhatian para dewa, menghentakkan kaki untuk mengusir roh jahat, dan melempar garam suci.

Kenapa Atlet Sumo Berbadan Gemuk

Awalnya dalam pertandingan sumo dulu kala, para petarung tidak diharuskan berbadan besar. Dulunya atlet sumo tidak berbadan gemuk. Namun seiring berjalannya waktu, mulai banyak atlet sujo yang berbadan besar dan tinggi. 

Para pemain sumo yang berbadan besar dinilai punya banyak keunggulan. Atlet sumo yang perawakannya besar disebut lebih mudah memenangkan pertandingan. Atlet sumo berbadan besar akan membuat lawan kesulitan meraih mawashi (pegangan pada sabuk) dan kawalahan mendorong maupun merubuhkannya. 

Demikianlah ulasan kenapa atlet sumo berbadan gemuk. Meski badannya gemuk, tapi para atlet sumo menjalani gaya hidup yang teratur, mulai dari pola makan, tidur, dan latihan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.