Olahraga Bela Diri yang Cocok untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas
Ilustrasi bela diri untuk anak (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian orang tua memilih untuk membekali anak-anak usia dini dengan olahraga bela diri. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, namun juga sebagai upaya pendisiplinan diri. Ada beberapa olahraga bela diri yang cocok untuk anak.

Olahraga Bela Diri yang Cocok untuk Anak

Harus diketahui bahwa anak bisa dilatih olahraga bela diri sejak dini. Namun tak ada aturan baku terkait usia berapa seharusnya pelatihan bisa diberikan pada anak. Namun rata-rata para para orang tua memulai pelatihan di usia 6 tahun. Di usia ini anak sudah bisa diajak berdiskusi dan mengikuti instruksi. Oleh karena itu anak bisa diajak berpikir kritis untuk berlatih disiplin.

Bagi para orang tua yang ingin memberikan pendidikan bela diri untuk anak sejak dini, ada beberapa pilihan yang bisa jadi alternatif yakni sebagai berikut.

  1. Karate

Seni bela diri karate adalah olahraga yang memfokuskan pada pertahanan diri dengan tangan kosong. Tak ada senjata yang terlibat dalam karate. Latihan akan fokus pada seluruh tubuh sehingga gerak motorik akan benar-benar dilatih dalam karate.

Beladiri karate sangat cocok untuk anak-anak,terutama jika mereka kerap menggunakan kaki dan tangannya untuk beraktivitas. Dalam karate anak akan diajari tendangan dan pukulan. Selain itu dalam karate juga akan diajarkan pelajaran moral dan budi pekerti sebagai salah satu pondasi bela diri.

  1. Tae Kwon Do

Bela diri dari Korea ini juga cocok diajarkan untuk anak usia dini. Dalam bela diri ini anak akan dilatih tendangan, pukulan, hingga lompatan. Jurus-jurus tersebut baik untuk melatih gerak anak agar lebih kuat dan terarah. Dalam bela diri juga akan dilatih sikap disiplin, kompetitif, dan sportifitas. Tipe anak yang cocok untuk seni bela diri Tae Kwon Do adalah yang aktif dan energinya berlebih.

  1. Jujitsu

Jujitsu sangat cocok untuk diajarkan kepada anak yang memiliki tubuh cenderung lebih kecil dibanding anak seusianya. Pasalnya, bela diri ini akan melatih anak bela diri melawan orang yang lebih besar tubuhnya dibanding dirinya. Selain itu jujitsu juga akan membantu anak menambah rasa percaya diri.

Bela diri ini juga membantu anak melatih gerak tubuhnya karena jurus yang digunakan memaksimalkan seluruh tubuh baik pukulan maupun tendangan.

  1. Aikido

Aikido juga tak kalah menarik untuk diajarkan kepada anak usia dini. Pasalnya, bela dirini ini membantu mengajarkan anak menghadapi konflik secara tenang. Olahraga ini akan fokus pada penyelesaian secara tenang, tidak untuk mencari lawan atau berkelahi secara langsung.

Aikido sedikit berbeda dengan bela diri lain karena tidak hanya melatih fisik namun juga melatih pikiran dan ketenangan. Bahkan anak dituntut untuk berpikir cerdas saat menghadapi konflik dan persoalan.

Bela diri ini cocok untuk anak yang belum mampu mengendalikan emosi serta energi yang berlebih.

Itulah beberapa olahraga bela diri yang cocok untuk anak. Anda bisa mengunjungi situs VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.