Nasib Berbeda Dua Murid Valentino Rossi di MotoGP Argentina: Bezzecchi Juara, Bagnaia Terjatuh
Pebalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi (tengah) menjuarai MotoGP Argentina. (Foto: Twitter @MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, mengakhiri pekan ini dengan manis. Setelah naik podium kedua di sprint race, Bezzecchi kemudian memenangi full race MotoGP Argentina, Senin, 3 April dini hari WIB.

Dia menggondol trofi perdananya di MotoGP dengan menjadi yang tercepat pada balapan di trek basah Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Berdasarkan statistik resmi MotoGP, pebalap Italia itu mencatatkan waktu total 44 menit 28,518 detik. Dengan capaian ini, Bezzecchi meraih 25 poin dan menjadi salah satu kompetitor yang perlu diwaspadai pada musim ini.

Pada balapan ini, dia finis di depan Johann Zarco (Prima Pramac) yang terpaut 4,085 detik. Posisi ketiga diraih sang pole sitter Alex Marquez (Gresini Racing) dengan selisih waktu 4,681 detik.

Posisi kelima dan enam diisi oleh Jorge Martin (Prima Pramac) dan Jack Miller (Red Bull KTM) yang masing-masing terpaut 9,746 detik dan 10,562 detik. Sementara Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) perlahan menemukan momentumnya untuk bangkit dan finis di posisi ketujuh.

Selanjutnya, ada rekan satu tim Bezzecchi yakni Luca Marini, dan Alex Rins (LCR Honda) yang melengkapi daftar sembilan besar, dengan masing-masing selisih waktu 13,694 detik dan 14,327 detik.

Kejutan tidak hanya datang dari Bezzecchi. Sang juara bertahan, Francesco Bagnaia, terjatuh di Tikungan 13 pada beberapa lap terakhir. Pebalap yang akrab disapa Pecco itu kemudian bangkit dan sayangnya harus menyelesaikan balapan di posisi ke-16.

Balapan GP Argentina kali ini pun bisa dibilang lebih sepi mengingat sejumlah pebalap absen karena cedera. Secara total, hanya ada 17 pebalap yang berpartisipasi dalam Grand Prix kali ini.

Beberapa jam sebelum balapan dimulai, Tim Repsol Honda (HRC) mengumumkan bahwa Joan Mir harus absen karena cedera yang ia derita usai balapan Sprint pada Minggu WIB.

Sebelumnya, Enea Bastianini (Ducati Lenovo) juga dilaporkan mengalami cedera bahu saat crash dengan Marini dalam sesi Sprint GP Portugal, Sabtu 25 Maret.

Selain itu, crash yang melibatkan Marc Marquez (HRC) dan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) juga memaksa kedua pebalap untuk fokus pada pemulihan mereka dan melewatkan GP Argentina.

Lalu, ada juga Pol Espargaro (GasGas Factory Racing Tech3) yang mengalami patah tulang belakang ketika menjalani sesi free practice kedua Grand Prix Portugal.

Sementara itu, klasemen pebalap saat ini dipimpin oleh Bezzecchi dengan total 50 poin. Ia berhasil menggeser dominasi Bagnaia yang saat ini mengoleksi 41 poin.

Lebih lanjut, Zarco, Alex Marquez, dan Maverick Vinales melengkapi daftar lima besar.