Hasil F1 Australia 2023: Max Verstappen Juara Meski Diwarnai 3 Kali Red Flag
Instagram.com/@F1

Bagikan:

JAKARTA - Seri ketiga Formula One (F1) yang digelar di Australia berhasil dimenangkan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Berhasil mengamankan podium, usaha Verstappen juga tak muda lantaran diwarnai tiga kali red flag.

Pada balapan di Sirkuit Albert Park, Minggu 2 April siang WIB, pertarungan sengit di awal langsung tersaji. George Russell mengambil alih posisi paling depan dari Verstappen saat lampu hijau menyala.

Meski baru awal, Verstappen bahkan sempat harus turun ke posisi ketiga karena dilewati oleh Lewis Hamilton di awal F1 GP Australia 2023 ini. Sengit di lap-lap awal, balapan kali ini juga mencekam karena terjadi kecelakaan.

Insiden terjadi di lap ketujuh yang membuat balapan mesti dihentikan sementara. Hal itu lantaran Alex Albon di mengalami kecelakaan di tikungan tujuh.

Pasca balapan berhenti, momen lanjutan jadi milik Verstappen yang langsung tancap gas. Ia bahkan mampu mengambil alih posisi paling depan sementara Russell malah gagal menyelesaikan balapan.

Posisi Verstappen di baris paling depan terus bertahan hingga lap ke-19, di belakangnya mengekor Hamilton dan Fernando Alonso. Mendekati lap-lap akhir, Verstappen sempat membuat kesalahan karena keluar dari trek.

Meski sempat kehilangan momen selama sekitar lima detik, pembalap asal Belanda itu masih tetap bisa kembali memimpin balapan. Namun saat memasuki lap ke-53 drama kembali terjadi, mobil yang dikendarai Kevin Magnussen menabrak pagar pembatas hingga kehilangan satu ban dan membuat red flag berkibar untuk kali kedua.

Ketika kembali dilanjutkan, insiden lagi-lagi terjadi di tikungan pertama usai restart. Alonso gagal melanjutkan balapan setelah bertabrakan dengan Carlos Sainz, sementara itu dua pembalap Alpine, Pierre Gasly dan Esteban Ocon juga mengalami tabrakan.

Situasi ini membuat stewards F1 memutuskan untuk melakukan start ulang usai insiden yang terjadi. Balapan pun berakhir dengan kemenangan Verstappen diikuti Hamilton di posisi kedua dan Alonso finis ketiga.

Sementara itu, pembalap Ferrari Charles Leclerc mengalami nasib nahas. Ia harus mengakhiri balapan di lap pertama setelah bertabrakan dengan Lance Stroll di tikungan tiga.

Hasil ini membuat Leclerc mengawali musim ini dengan buruk. Pasalnya ia sudah dua kali gagal finis dari tiga balapan pada awal musim ini.