Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil mengambil pole position pada kualifikasi F1 GP Jepang 2024 di Sirkuit Suzuka pada Sabtu, 6 April 2024.

Dia menjadi tercepat dengan catatan waktu 1:28,197. Verstappen kini mengalihkan fokus ke balapan yang akan dihelat pada Minggu, 7 April 2024.

Pebalap 26 tahun itu ingin menebus hasil buruk di F1 GP Australia pada 24 Maret 2024. Kala itu, dia gagal finis setelah retire.

Hanya saja, Verstappen menemukan kesulitan trek Sirkuit Suzuka. Dia menilai aspal sirkuti sangat sensitif terhadap ban.

"Pada akhirnya cukup dekat (jarak dengan pebalap lain di kualifikasi). Saya pikir secara keseluruhan trek ini sangat sensitif terhadap ban, dengan aspal sangat agresif, dan ketika Anda benar-benar ingin mencapai batasnya, hal itu tidak selalu berhasil," ujar Verstappen di laman resmi F1.

Meski demikian, Verstappen masih mempunyai waktu untuk mencari solusi sebelum balapan Minggu siang WIB.

"Menurut saya, terpenting sekarang adalah saya berada di posisi terdepan. Tentu saja Anda ingin setiap putaran menjadi sempurna."

"Namun, di trek seperti ini tidak selalu demikian. Secara keseluruhan, hari yang sangat baik. Posisi awal yang baik untuk hari esok. Tentu saja hari esok adalah yang terpenting," kata Verstappen lagi.

Max Verstappen saat ini masih memimpin klasemen pebalap dengan 51 poin dari tiga balapan yang sudah dijalani. Ia menjuarai GP Bahrain dan GP Arab Saudi sebelum gagal di GP Australia.

Pebalap kelahiran Belgia itu tentu berambisi juara di F1 GP Jepang 2024. Sirkuit Suzuka bukanlah trek asing buat Verstappen.

Walaupun mengaku menemui kesulitan, Verstappen pernah dua kali juara di Sirkuit Suzuka pada dua musim beruntun sebelumnya.

Dia tentu ingin catatan apiknya berlanjut dan mencetak hattrick juara di Sirkuit Suzuka pada F1 GP Jepang 2024, selain kembali mengoleksi poin sempurna.