Profil Max Verstappen, Pebalap Muda di Formula 1 yang Jadi Juara Dunia Formula 1 2022
Max Verstappen (Instagram @maxverstappen1)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Max Verstappen mendapat sorotan dari dunia setelah ia berhasil menyabet gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2022. Pebalap Red Bull Racing itu sukses meraih gelar gelar juara setelah ia menang balapan F1 GP Jepang pada Oktober 2022 yang digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Profil Max Verstappen

Max Verstappen adalah pebalap muda yang lahir di Hasselt, Belgia pada  30 September 1997. Meski ia lahir di Belgia, Max Verstappen kini berkewarganegaraan Belanda.

Kegemaran Verstappen terhadap dunia balap nampaknya berasal dari dua orang tuanya yakni Jos Verstappen dan Sophie Kumpen. Ayah Max sendiri sempat menjadi pembalap F1 , sedangkan sang ibu merupakan mantan pebalap gokart.

Sejak kecil Max Verstappen telah akrab dengan dunia balap. Awalnya ia mencoba sirkuit Go-kart pada tahun 2003 saat ia masih berusia 6 tahun. Kejuaraan junior pertama yang ia ikuti adalah  Belgia Mini Championship (VAS) pada tahun 2005.

Dalam laman resmi F1 dikatakan bahwa Verstappen mulai debut F1 di usia yang sangat muda yakni 17 tahun 166 hari. Debutnya dimulai dari Grandprix Australia yang digelar pada 15 Maret 2015 dan membuatnya menjadi pebalap paling muda di F1.

Di musim 2016, Max Verstappen ditunjuk menjadi pebalap utama di tim Red Bull karena performa apiknya di musim sebelumnya.

Tak lama setelah itu, Verstappen kembali menuai sorotan dari penggemar F1 karena berhasil menjadi juara Grandprix Spanyol 2016. Momen tersebut diraihnya pada usia 18 tahun 228 hari. Kemenangan ini menjadikan dirinya sebagai pebalap termuda yang pernah naik ke podium.

Kemenangan Max Verstappen ternyata terus terjadi. Di musim 2021, Max Verstappen berhasil mendapat gelar juara dunia untuk yang pertama kalinya di musim ketujuh. Gelar tersebut bisa ia pertahankan hingga tahun 2022 setelah mengalahkan Lewis Hamilton yang menjadi rivalnya.

Situs resmi F1 menyebut Max Verstappen sebagai pembalap ke-11 yang berhasil mempertahankan gelar juara dunianya, bersanding dengan Michael Schumacher.

Dalam situs Formula1News, mantan pebalap Formula One (F1) Nico Rosberg juga memberikan sanjungan kepada Max Verstappen. Ia menilai bahwa Verstappen akan segera bergabung dengan pebalap F1 terbaik dunia.

“Max Verstappen adalah pembalap yang brilian. Saya cukup yakin bahwa dia akan segera bergabung dengan lima pebalap F1 terbaik sepanjang masa,” ujar  Rosberg dilansir dari Formula1news.

Pebalap yang berusia 25 tahun ini juga sukses memecahkan rekor kemenangan sekaligus poin paling banyak yang bisa dicetak hanya dalam satu musim. Ia meraih 15 kemenangan di F1 musim 2022. Jumlah tersebut mengalahkan rekor bersama yang dipegang oleh Sebastian Vettel dan Michael Schumacher yang hanya meraih 13.

Selain itu Max Verstappen juga mematahkan rekor Sebastian Vettel yang meraih rekor terbanyak dalam satu tahun. Max sendiri bisa mengumpulkan 454 poin dari 22 balapan selama di F1 2022.

Bidata Max Verstappen

Nama: Max Emilian Verstappen

Nama Ayah dan Ibu: Jos Verstappen dan Sophie Kumpen

Tempat, Tanggal Lahir:  Belgia, 30 September 1997

Kewarganegaraan: Belanda

Tinggi Badan: 1,81 Cm

Tim: Red Bull Racing

Media Sosial: @maxverstappen1

Itulah informasi terkait profil Max Verstappen. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.