Kegemilang Verstappen di GP Belanda Tak Lepas dari Strategi yang Diterapkan dan Kegigihannya
Max Verstappen  (Instagram @maxverstappen1)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Formula 1 dari tim Red Bull Racing Max Verstappen sukses menjadi juara pada GP Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu kemarin dan hasil tersebut membuatnya kian melaju dalam klasemen sementara ajang balap jet darat itu.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara dari laman resmi penyelenggara di Jakarta, Senin, Max Verstappen kini telah meraih 10 kemenangan dari 15 balapan Formula 1 yang sudah berlangsung atau menyisakan delapan seri balapan untuk musim ini.

Pada klasemen sementara, pebalap asal Belanda itu kokoh di puncak klasemen dengan raihan 310 poin. Untuk posisi dua ada pebalap Ferrari Charles Leclerc yang memilik poin yang sama dengan rekan satu tim Max yakni Sergio Perez dengan 201 poin.

Hasil gemilang Max Verstappen di GP Belanda tidak lepas dari strategi yang diterapkan dan gigihnya dalam menjalani balapan sepanjang 72 putaran itu. Juara bertahan Formula 1 ini juga mengakui jika balapan untuk mempertahan gelar juara dunia di GP Belanda memang cukup ketat.

"Kami mengelola semuanya dengan cukup baik dan strategi tepat masuk pit, kinerja tim di sini dan di pabrik sangat luar biasa,” kata Max Verstappen dalam keterangan resminya.

"Selalu istimewa bisa memenangkan Grand Prix di rumah sendiri, tetapi tahun ini saya harus bekerja lebih keras untuk meraihnya. Sungguh luar biasa bisa menang lagi di depan penonton, kami mendapat dukungan luar biasa di sini dan saya bangga menjadi orang Belanda,” kata Verstappen menambahkan.

Hasil bagus Max Verstappen juga diapresiasi oleh rekan satu timnya, Sergio Perez. Menurut dia, balapan berlangsung dengan ketat meski dirinya tidak bisa bersanding dengan Max di podium. Pebalap asal Meksiko ini harus puas finis di posisi lima.

"Saya terkendala dengan pengikisan ban di awal dan kedua kali ganti ban, sulit mendapat keseimbangan sesuai keinginan. Belum lagi ramainya balapan akibat insiden di pit, tapi saya beruntung sayap depan tidak rusak ketika melindas wheel gun,” kata Perez.

Sementara itu, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara memuji performa Max Verstappen di GP Belanda, karena berhasil kembali naik podium di depan para penggemarnya.

"Tentunya kemenangan Max Verstappen kali ini tidak mudah dengan tekanan begitu banyak dari para penggemar yang memenuhi tribun penonton. Penerapan strategi yang tepat dari tim juga beri pengaruh, serta performa mobil RB18 di Sirkuit Zandvoort yang sangat kompetitif,” katanya.

Setelah menyelesaikan balapan di GP Belanda, Max Verstappen dan Sergio Perez akan kembali unjuk kemampuan di GP Italia di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, 11 September. Kemenangan jelas sangat ditunggu demi mempertahankan gelar juara dunia.