Bagikan:

JAKARTA – Legenda MotoGP Valentino Rossi meramalkan MotoGP 2024 akan menjadi salah satu tahun terindah buat pebalap-pebalap jebolan akademi milikinya, VR46.

Empat jebolan akademi VR46 yang dimaksud juara dunia tujuh kali tersebut ialah juara bertahan Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, Franco Morbidelli, dan sang adik, Luca Marini.

"Musim 2024 menjanjikan tahun yang indah. Pebalap kami atau lebih tepatnya mereka yang berasal dari akademi (VR46), semuanya punya motor yang sangat kompetitif," kata dia kepada Sky Sport.

Dari keempat nama pebalap di atas, Marini sebenarnya paling diragukan bisa bersaing, terutama setelah ia memutuskan pindah ke Repsol Honda untuk merasakan motor Pabrikan untuk pertama kali dalam kariernya.

Marini direkrut oleh Honda untuk menggantikan tempat kosong yang ditinggalkan juara dunia enam kali, Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol itu meninggalkan pabrikan Jepang dan bergabung Ducati bersama Gresini Racing.

Luca Marini punya motor paling tidak kompetitif musim lalu. Namun, sekarang Rossi percaya Marini bisa mendapatkan keuntungan dengan penampilan bersama Honda pada MotoGP 2024.

"Bagnaia adalah juara dunia dan akan membalap di tim Pabrikan. Morbidelli akan memakai motor Pabrikan Ducati di tim Pramac. Bezzecchi membela VR46 dan kemudian ada Marini yang akan balapan dengan Honda," kata Rossi.

Francesco Bagnaia menjadi lulusan Akademi VR46 pertama yang memenangi kejuaraan MotoGP pada 2022. Ia pun kini mengincar gelar ketiga setelah tahun kemarin sanggup mempertahankan gelarnya.

Sementara itu, Marco Bezzecchi mengklaim kemenangan pertama tim VR46 di kelas primer musim lalu dan sekarang siap untuk menantang para juara lagi.

Berikutnya, Franco Morbidelli mungkin jadi salah satu yang harus diwaspadai musim ini setelah ia akhirnya mendapatkan motor yang jauh lebih unggul, motor yang sama seperti milik Bagnaia.

Adapun Marini tentu saja akan menjadi ujung tombak kebangkitan Honda. Pabrikan tersebut sedang merosot dalam beberapa tahun terakhir.