Bagikan:

JAKARTA - Keputusan untuk gantung helm akhirnya diambil Valentino Rossi pada musim 2021. Dia memutuskan pensiun setelah 21 tahun membalap di MotoGP.

Muncul kekhawatiran dari pihak Dorna penyelenggaraan MotoGP tak akan lagi menarik setelah The Doctor memutuskan pensiun. Maklum, Rossi memiliki basis pendukung yang luar biasa. Wajar bila Dorna berpikir demikian.

Namun, kekhawatiran itu nampaknya tak terbukti di balapan pembuka MotoGP 2022. Pada balapan MotoGP Qatar, penonton yang hadir di Sirkuit Losail tetap luar biasa.

Dilansir Sparkchronicles, hanya ada sedikit ruang yang kosong. Selebihnya, diisi para pencinta balap motor paling bergengsi di dunia itu.

Selain itu, terjadi peningkatan besar penonton televisi yang menyaksikan MotoGP Qatar melalui televisi berbayar atau layanan . Dikutip dari laman Twitter Senor de Los Medios, ada 407 ribu penonton yang menyaksikan balapan di Losail dengan 3,2 persen share.

Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 205 ribu dengan share 1,8 persen. Perhitungan ini didasarkan pada layanan TV berbayar di DAZN 2, Movistar Plus+.

Sementara untuk balapan MotoGP Mandalika, kabarnya hanya tersisa buat hari pertama dan kedua. Sementara untuk saat balapan, tiket dilaporkan sudah terjual habis dan sedang dibicarakan soal kuota tambahan.

Lantas bagaimana dengan persaingan di lintasan? Tak kalah menariknya. Meski tanpa Rossi, jalannya balapan MotoGP tetap menarik untuk disaksikan.

Bahkan pada MotoGP Qatar 2022, sudah tercipta kejutan yang membuat persaingan kian menarik. Pemenangnya bukan Marc Marquez, Fabio Quartararo ataupun Francesco Bagnaia, melainkan Enea Bastianini.

Brad Binder dan Pol Espargaro finis kedua dan ketiga. Sementara pebalap seperti Marquez, Quartararo, Joan Mir, Alex Rins, Johan Zarco harus terlempar dari persaingan empat besar.

Jadi, apakah MotoGP tak lagi menarik setelah ditinggal Valentino Rossi? Rasanya sih tak perlu khawatir.

Lagipula Rossi secara tidak langsung masih di MotoGP. Kok bisa? Masih ada tim yang membawa nama The Doctor, yakni VR46 Racing Team.

Ya, tim ini dimiliki sang maestro asal Italia tersebut. Tim yang memakai mesin motor Ducati Desmosedici ini diperkuat dua anak didik Rossi, Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Jadi, sebenarnya Rossi tak sepenuhnya meninggalkan MotoGP. Masih ada jejak The Doctor di balapan paling bergengsi di dunia itu.