Kata Shin Tae-yong soal Polemik Pembatalan Piala Dunia U-20 2023: Olahraga adalah Olahraga
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (baju putih). (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong buka suara soal polemik pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ia menjawab dengan singkat dan tegas.

"Olahraga adalah Olahraga," ujar Shin saat konferensi pers usai laga timnas vs Burundi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada Selasa 28 Maret malam WIB.

Nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 ada di ujung tanduk. Situasi ini mencuat karena adanya gelombang unjuk rasa penolakan kedatangan timnas Israel U-20 sebagai salah satu negara peserta.

Sebelumnya Gubernur Bali, I Wayan Koster menolak kedatangan Israel ke wilayahnya. Sehingga itu disinyalir jadi salah satu alasan FIFA menunda drawing yang mestinya digelar 31 Maret di Bali.

Secara individu, Shin Tae-yong berharap Piala Dunia U-20 tetap bisa bergulir di Indonesia agar perjuangan Timnas U-20 sejauh ini tak sia-sia. Sebab jika turnamen digelar di negara lain, Timnas U-20 dipastikan tercoret dari keikutsertaan mengingat statusnya sebagai tuan rumah.

"Secara resmi memang belum ada hasilnya (keputusan) seperti apa tentang Piala Dunia U-20. Sebelumnya sudah ada perhatian yang sangat besar dari Pak Jokowi, dan saya akan sangat bahagia kalau Piala Dunia bisa tetap digelar di Indonesia. Begitu juga dengan pemain dan masyarakat," tutur sang pelatih.

Pelatih 52 tahun itu juga tak menutupi bahwa situasi tak menentu ini jelas sangat berdampak pada kondisi pemain Garuda Nusantara. Namun, ia enggan berkomentar lebih lanjut dan hanya berharap agar upaya yang dilakukan PSSI bisa berbuah manis.

"Memang banyak keluhan juga dari para pemain di sosial media, tapi saya belum bisa berbicara apa-apa, karena belum ada keputusan resmi. Situasi saya juga sedang menunggu," kata STY.

"Saya berharap Pak Erick bisa mengurus masalah ini dengan baik. Pok Jokowi juga pastinya memberikan perhatian. Saya berharap tetap ada hasil yang baik untuk Piala Dunia U-20 ini," harapnya.