Akhir dari Polemik Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sempat jadi polemik. Kegagalan Skuad Garuda di Piala AFF 2022 memunculkan pro dan kontra soal posisi pelatih asal Korea Selatan itu.

Ada yang meminta Shin didepak, tapi tak sedikit yang memberikan dukungan buatnya bertahan.

PSSI akhirnya mengeluarkan pernyataan yang bisa saja mengakhiri perdebatan. Induk sepak bola Indonesia itu memastikan Shin tetap melatih Timnas Indonesia, setidaknya sampai kontrak sang pelatih berakhir pada Desember 2023.

"Iya, dong (pertahankan Shin-red)," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi kepada wartawan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa 24 Januari.

Yunus mengatakan, Shin Tae-yong akan langsung mempersiapkan timnas U-20 untuk berkompetisi di Piala Asia U-20 2023 begitu tiba di Indonesia.

Saat ini mantan pelatih timnas Korea Selatan itu masih berada di kampung halamannya. Dia diperkirakan kembali menangani skuad "Garuda" pada awal Februari nanti.

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan berlangsung pada 1-18 Maret di Uzbekistan.

"Shin akan langsung memimpin persiapan Piala Asia U-20," kata Yunus Nusi menegaskan.
​​​​​
Selama menangani timnas Indonesia, sejak Desember 2019, Shin membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023 dan Timnas U-20 melaju ke Piala Asia U-20 2023. Kemudian, dia berhasil mendongkrak peringkat FIFA Timnas Indonesia dari 179 ke 151.

Namun, di Piala AFF, Shin Tae-yong dua kali tidak mampu mempersembahkan gelar kampiun. Pada Piala AFF 2020, dia mengantarkan Indonesia hingga final, tetapi di Piala AFF 2022, Fachrudin Ariyanto dan kawan kawan hanya bertahan sampai semifinal.