Profil Singkat 2 Klub Belgia yang Santer Dikaitkan dengan Bintang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Gelandang muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan berpeluang besar melanjutkan karirnya di Eropa. Sang pemain bakal terbang ke Eropa, Rabu, 25 Januari.

Di Belgia nanti, pemain 18 tahun ini juga dikabarkan tidak akan menjalani trial, melainkan langsung bergabung dengan klub yang diminatinya.

Kedua klub yang berpeluang besar dibela Marselino adalah SK Beveren dan Beerschot VA. Dua tim itu merupakan klub papan atas yang berlaga di kasta kedua Liga Belgia.

Beveren menduduki peringkat pertama klasemen sementara, sedangkan Beerschot ada di posisi ketiga

Berikut adalah profil kedua klub asal Belgia yang santer diisukan jadi pelabuhan baru Marselino Ferdinan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

BeverenSK

Beveren SK merupakan klub yang ditangani mantan pemain timnas Belgia, Wim De Decker. Berdasarkan data Transfermarkt, SK Beveren merupakan klub langganan kasta tertinggi Liga Belgia

Klub ini didirikan pada tahun 1936 dan punya sejarah panjang di Liga Belgia. Pertama kali didirikan sebagai Red Star Haasdonk, tapi kemudian erubah nama menjadi Red Star Waasland pada 2002.

Kemudian Red Star Waasland melakukan merger dengan KSK Beveren dan membentuk Waasland Beveren pada 2010. Klub yang bermarkas di Stadion Freethiel, Beveren, itu kemudian resmi memakai nama SK Beveren pada 1 Juli 2022.

SK Beveren sempat tampil di Jupiler Pro League sepanjang 2012 hingga 2021 sebelum degradasi ke kasta kedua Liga Belgia. Kini mereka tengah berjuang untuk kembali ke level atas.

Beerschot VA

Beerschot merupakan klub yang didirikan pada 2013. Klub yang bermarkas di Stadion Olympisch, Antwerp, itu dimiliki pengusaha asal Arab Saudi, Pangeran Abdullah bin Musaid Al Saud.

Dalam dua musim terakhir Beerschot bermain di kasta tertinggi Liga Belgia atau Jupiler Pro League. Namun musim lalu klub berjuluk De Kielse Ratten itu harus degradasi ke kasta kedua atau Challenger Pro League.

Beerschot berada di dasar klasemen Liga Belgia musim lalu setelah hanya meraih 16 poin dari 34 pertandingan. Musim ini Beerschot dilatih Andreas Wieland dan sedang berada di puncak klasemen Challenger Pro League.

Menariknya Beerschot saat ini sedang bersaing dengan Beveren dalam perebutan puncak klasemen Challenger Pro League.