SportStar: Marselino Ferdinan, Bintang Muda Timnas Indonesia yang Bersiap ke Eropa
Pemain Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar menggembirakan datang dari pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Penggawa Persebaya Surabaya itu kabarnya akan segera terbang ke Eropa.

Pemain berusia 18 tahun itu diberitakan akan berangkat ke Belgia pada Rabu, 25 Januari. Belum diketahui pasti apa agenda Marselino ke Benua Biru, namun kabarnya dia akan menjalani trial di sebuah klub di sana.

Kabar ini tentu membanggakan. Apalagi Marselino yang terbilang masih muda untuk bisa menimba banyak ilmu di Eropa.

Berikut ini adalah profil singkat dan perjalanan karier seorang Marselino Ferdinan, seperti dilansir dari Antara, Selasa, 24 Januari:

Profil Marselino Ferdinan

Marselino mengawali karir sepak bolanya bersama Bintang Timur di Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) Seri A U-15, kemudian kiprahnya berlanjut di ajang Elite Pro Academy U-16.

Pemain kelahiran 9 September 2004 tersebut mencatatkan namanya di papan skor saat Persebaya U-16 kalah 1-2 dari Kalteng Putra, kemudian kembali mempersembahkan gol di laga menghadapi Borneo FC.

Penampilan apiknya di Seri 1 kala itu membuat Marselino dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-15, hingga menjadi bagian tim pada ajang Piala AFF U-15 2019.

Marselino bergabung dengan tim utama Persebaya di Liga 1 pada musim 2021/2022, adik kandung dari pemain PSIS Oktafianus Fernando tersebut melakukan debut pada 11 September 2021 dalam pertandingan melawan Persikabo.

Pada 6 November 2021, andalan Persebaya maupun Timnas Indonesia tersebut mencetak gol pertamanya pada pertandingan melawan Arema FC, yang berakhir imbang 2-2.

Hingga saat ini pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih mengandalkan Marselino untuk memperkuat tim Garuda, baik junior maupun ke level senior.

Biodata Singkat Marselino Ferdinan

Nama lengkap: Marselino Ferdinan Philipus

Tempat/Taggal Lahir: Jakarta, 9 September 2004 (usia 18 tahun)

Tinggi: 1,76 m

Tim saat ini: Persebaya Surabaya

Posisi bermain: Gelandang serang, gelandang, sayap kanan