Saat Marselino Ferdinan Beranikan Diri Merantau ke Luar Negeri, Para Seniornya Justru Memilih Jalan Pulang
Marselino Ferdinan. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar menyenangkan di dengar pencinta sepak bola nasional. Pemain muda Timnas Indonesia yang juga penggawa Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, terbang ke Belgia.

Dia akan menjalani trial bersama tim muda salah satu klub papan atas di sana, rumornya Jong AA Genk.

Langkah Marselino ini membuat publik kagum. Bahkan, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengaku terkejut pemain berusia 18 tahun itu berani untuk merantau ke luar negeri.

"Saya terkejut dia mau bermain di luar negeri. Kita doakan Marselino mendapatkan klub yang tepat," ujar Indra, seperti dikutip dari Antara.

Namun tak lama berselang, kabar mengejutkan publik sepak bola nasional. Dua bintang masa depan Indonesia memutuskan untuk "pulang kampung".

Diawali dengan kabar bergabungnya Egy Maulana Vikri ke Dewa United. Lalu, Witan Sulaeman yang memilih untuk membela Persija Jakarta.

Keduanya mengakhiri kiprah mereka di Eropa. Untuk Witan, kiprahnya sebenarnya tak begitu mengecewakan.

Selama di AS Trencin, Witan bermain sebanuak 14 kali, dengan catatan empat gol dalam 458 menit bermain. Sementara saat dipinjamkan ke FK Senica, dia bermain sebanyak 12 kali, mencetak empat gol, dan satu assist.

Namun, tak semua pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Saddil Ramdani contohnya. Mantan pemain Persela Lamongan itu bertahan bersama klub Liga Malaysia, Sabah FC.

Sedangkan Asnawi Mangkualam tetap berkiprah di Liga Korea meski kini bersama tim yang baru. Seperti diketahui, dia memutuskan pindah dari Ansan Greeners ke Jeonnam Dragons.

Lantas apakah mimpi Witan dan Egy untuk kembali ke Eropa padam? Jawabannya tidak. Keduanya tetap punya mimpi untuk kembali melanjutkan karier di Benua Biru.

"Manajemen Dewa United FC juga memberikan sinyal apabila ada klub luar yang tertarik pada saya, mereka tidak akan menghalangi dan justru siap membantu saya kembali berkarier di luar Indonesia," kata Egy dalam laman resmi klub.